Polres Waykanan Giat Bersama Pokdar Kamtibmas

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Waykanan (HPN) – Polres Waykanan menggelar kegiatan silaturahmi pengurus Pokdar Kamtibmas Kabupaten setempat, diadakan di Aula Adhi Pradana Polres Waykanan. Jum’at (13/03/2020).

Kegiatan tersebut, dihadiri Kapolres Waykanan AKBP. Binsar Manurung didampingi Wakapolres Waykanan Kompol. Fanny Indrawan, Kasatbinmas, anggota Satbinmas Polres Waykanan dan 27 orang pengurus Pokdar Kamtibmas (kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat) se-Kabupaten Waykanan.

Kapolres Waykanan menuturkan, Pokdar Kamtibmas ini kegiatan yang bagus, tak lain merupakan sebuah kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran lebih tinggi dari masyarakat lainnya terkait ketertiban dan keamanan untuk membantu Kepolisian Indonesia.

Seperti Kepolisian Jepang juga dinilai telah berhasil melakukan reformasi di dalam tubuh organisasinya terutama merubah mindset dan cultureset dalam rangka pengabdian kepada masyarakat.

Kepolisian Jepang dengan menerapkan strategi Polmas (Community Policing) melalui optimalisasi peran Koban berupaya meraih kepercayaan masyarakat dengan mengedepankan setiap petugas Koban untuk melakukan kegiatan kegiatan kunjungan, patroli, TPTKP dan Problem solving.

Baca Juga :  Wabup Waykanan Hadiri Pengajian di Ponpes Miftahul Ikhlas

“Oleh karena itu, sistem ini diterapkan di Kepolisian indonesia karena kesadaran hukum masyarakat di jepang sangat tinggi dan perlu di contoh juga prinsip kearifan lokal ini yang kita pegang,” ucap Kapolres Waykanan.

Kapolres menambahkan, Pokdar ini merupakan garda terdepan dalam menyelesaikan permasalahan di masyakat, yang juga memilki pengaruh yang lebih besar diimbangi dengan peran Bhabinkamtibmas guna hadir ditengah masyarakat sehingga melebur menjadi satu.

Kapolres mengaku sebagai warga baru di Way Kanan mohon titip diri meminta dukungan masyarakat untuk meningkatkan jaringan komunikasi jika ada gejolak ganguan kamtibmas bisa di cegah secara dini, melalui pokdar yang bertugas secara sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat.

Peran Pokdar ini merupakan garda terdepan dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat, yang diakui memiliki pengaruh yang lebih besar, diimbangi dengan peran Bhabinkamtibmas yang selalu hadir ditengah masyarakat sehingga melebur menjadi satu ciptakan Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Baca Juga :  Bupati Way Kanan Ikuti Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke-75

Tanpa masyarakat tidak akan ada Polri dan tanpa Polri proses-proses dalam masyarakat tidak akan berjalan dengan lancar dan produktif.

Selain itu, Kapolres berharap kedepan dapat mengenal Pokdar lebih dekat sehingga tidak ada jarak, dan Kamtibmas di Kabupaten Waykanan semakin baik untuk kita semua.

Sementara Ketua Pokdar Kamtibmas Abud Nursihab menyampaikan, kelompok sadar Kamtibmas ini terdiri dari 27 orang yang tergabung dari seluruh elemen masyarakat diantaranya tokoh masyarakat, pemuda, agama, adat, praktisi hukum, akademisi dan Pemerintah Kabupaten Waykanan. “Selaku mitra Polri siap mendukung dan Insya allah kamtibmas di Way kanan aman semua, amin.” pungkasya. (Zainal)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews