Pancasila Kekuatan Bangsa dan Negara

0
200
Bangun Simorangkir, Sekretaris Jurnalis Nasional Indonesia (JNI) Asahan.

Asahan (HPN) – Hari lahir Pancasila 01 Juni 1945, merupakan tonggak bersejarah dalam menyusun suatu kemerdekaan RI. Saat ini bangsa Indonesia merayakan hari lahir pancasila yang ke-75 yang jatuh pada. Senin (01/06/2020).

Menurut Bangun Sekretaris Jurnalis Nasional Indonesia (JNI) Kabupaten Asahan mengatakan, bahwa Pancasila memiliki kekuatan yang luar biasa yang tidak dapat di pecah belah oleh siapa pun dalam memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pancasila dijadikan dasar untuk mencapai tujuan negara sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945), sebagai pedoman dalam bertingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dasar dan motivasi dalam sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.” jelas Bangun.

Lanjutnya, semua sila dari Pancasila tidak dapat dilaksanakan secara terpisah-pisah karena Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh dan saling berkaitan.

Baca Juga :  JNI Asahan Salurkan Bantuan Zakat dari BAZNAS

Kehidupan bangsa Indonesia memerlukan adanya implementasi nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila. Itu agar nilai norma dan etika yang terkandung di dalam Pancasila, benar-benar menjadi bagian yang utuh dan dapat menyatu dengan kepribadian setiap manusia Indonesia. Sehingga, dapat membentuk pola sikap, pola pikir dan pola tindak serta memberi arah kepada manusia Indonesia

“Implementasi Pancasila sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Bila kita tidak menerapkan Pancasila sebagai landasan dalam berkehidupan bersama, maka dapat menimbulkan berbagai masalah yang dapat merugikan diri sendiri maupun oleh orang lain. Oleh karena itu, kita tidak boleh lupa untuk selalu melandaskan Pancasila dan tetap menjaga keutuhan nilai dari Pancasila itu sendiri. Jika bukan kita yang menjaga dan menerapkan nilai-nilai Pancasila, siapa lagi.kalo bukan kita sebagai penerus untuk melestarikan dan menjaga Pancasila itu.” terangnya.

Baca Juga :  Warga Asahan Terkonfirmasi Positif Korona 409 Orang

Meskipun banyak orang maupun pihak yang ingin memecah belah negara kita dengan menganggu nilai-nilai Pancasila, kita tidak boleh goyah. Kita harus berpegang teguh pada Pancasila yang menyatukan Indonesia yang sangat luas ini. Nilai-nilai Pancasila merupakan hasil kerja keras para leluhur kita yang ingin Indonesia dapat hidup dengan damai dan tenteram. Kita sebagai anak muda, harus bisa selalu menjaga keutuhan nilai-nilai Pancasila agar tidak pudar karena budaya-budaya luar yang masuk ke Indonesia. Apalagi sekarang ancaman bisa datang dari mana saja. Bisa saja dari internet, paham tidak benar, dan lain-lain,” tutupnya. (Bangun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here