6 Pasien Covid-19 Asal Waykanan Dinyatakan Sembuh

0
224
Kadiskes Waykanan Anang Risgiyanto. Foto: Humas Kominfo Waykanan.

Waykanan (HPN) – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan, Anang Risgiyanto, selaku juru bicara Covid-19, membenarkan informasi terkait Pasien Covid-19, asal Kecamatan Rebang Tangkas yang sebelumnya di rawat di Rumah Sakit Zainal Abidin Pagar Alam (RSZAPA) Kabupaten setempat yang dinyatakan sembuh. Rabu (24/06/2020).

Tentunya kabar baik tersebut, membuat pasien Covid-19 asal Waykanan yang berjumlah 6 orang dinyatakan sembuh total, sehingga status Kabupaten Waykanan saat ini Zero pasien Covid-19.

Berikut kronologi riwayat pasien Covid-19 asal Rebang Tangkas yang telah dinyatakan sembuh.

“MZ merupakan Santri dari Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro Magetan Jawa Timur. Berdasarkan informasi bahwa di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro Magetan Jawa Timur banyak santri yang terkonfirmasi Covid-19, maka sebagai bentuk kewaspadaan, semua santri yang berasal dari Temboro di lakukan pemeriksaan dengan RDT sebanyak 2 kali pemeriksaan.” terang jubir Covid-19.

1. Tanggal 05 Mei 2020 MZ dilakukan Rapid Test kedua oleh Tim Pemeriksa dari Dinas Kesehatan Kabupaten Wayjanan, dengan hasil reaktif.

2. Tanggal 06 dan 07 Mei 2020 MZ diambil sampel swab/sputum, yang pertama dan kedua oleh Tim Pemeriksa dari Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan, selanjutnya sampel dikirim ke Dinas Kesehatan Provinsi Lampung kemudian dikirim ke BBLK Palembang, untuk dilakukan pemeriksaan sampel.

“Sambil menunggu hasil pemeriksaan sampel, kembali di sampaikan dengan MZ untuk isolasi mandiri di rumahnya, dengan menerapkan PHBS dan Physical Distancing.” jelas Kadis Kesehatan.

Baca Juga :  Bupati Winarti Gencar Sosialisasi Prokes

3. Tanggal 18 dan 19 Mei 2020, kembali dilakukan pengambilan sampel swab/sputum ke 3 dan 4, selanjutnya sampel dikirim ke Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, kemudian dikirim ke Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung.

4. Tanggal 21 Mei 2020 hari Rabu mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, pemeriksaan sampel swab/sputum MZ pertama dan kedua yang dikirim ke BBLK Palembang, dengan hasil konfirmasi positif Covid-19.

“Berdasarkan SOP penanganan konfirmasi Covid-19 tanpa gejala diisolasi di rumah, namun untuk mengurangi kontak dengan orang/warga dan supaya lebih terpantau Kesehatannya, maka MZ di antar ke ruang isolasi Rumah Sakit ZAPA Way Kanan.” Tambah Anang.

Kesehatan MZ selama menjalani isolasi di Rumah Sakit ZAPA, terpantau selalu dalam kondisi sehat tidak ada keluhan. Tatalaksana selanjutnya MZ akan di konfirmasi dan pemeriksaan PCR swab/sputum di Laboratorium pemeriksa yang mampu melakukan pemeriksaan RTPCR.

5. Tanggal 22 Mei 2020 hari Jumat mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, hasil pemeriksaan sampel swab/sputum MZ ke 3 dan 4 yang dikirim ke BLK Provinsi Lampung, dengan hasil positif Covid-19.

6. Tanggal 26 dan 27 Mei 2020,MZ dilakukan pengambilan sampel swab orofaring dan nasofaring ke 5 dan 6 dan mendapatkan hasil swab positif Covid-19.

Baca Juga :  Polres Way Kanan Simulasikan Pengamanan TPS

7. Tanggal 04 dan 05 Juni 2020,MZ dilakukan pengambilan sampel swab orofaring dan nasofaring ke 7 dan 8,mendapatkan hasil swab positif Covid-19.

8. Tanggal 11 dan 12 Juni 2020,MZ dilakukan pengambilan sampel swab orofaring dan nasofaring ke 9 dan 10,mendapatkan hasil swab positif Covid-19.

9. Tanggal 18 dan 19 Juni 2020,MZ dilakukan pengambilan sampel swab orofaring dan nasofaring ke 11 dan 12, mendapatkan hasil swab positif Covid-19.

10. Tanggal 22 dan 23 Juni 2020, MZ dilakukan pengambilan sampel swab orofaring dan nasofaring ke 13 dan 14.

11. Tanggal 24 Juni 2020 hari Rabu, mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, pemeriksaan sampel swab/sputum MZ ke 13 dan 14 yang dikirim ke BLK Provinsi Lampung dengan hasil negatif Covid-19 dan rekomendasi dari Dokter Penanggung Jawab Pasien dari Rumah Sakit
ZAPA, kondisi MZ terpantau sehat dan tidak ada keluhan, dinyatakan sembuh dan bisa pulang.

“Tatalaksana selanjutnya adalah tetap menjalankan Protokol Kesehatan dengan menerapkan PHBS, memakai masker dan Physical Distancing, kita semua berdoa, semoga selalu sehat dan dalam lindungannya, terimakasih.” tutup Jubir Covid-19 Waykanan. (Zainal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here