Adipati Hadiri Pencanaan Vaksinasi Sinovac

0
160
Foto: Dokpim.

Way Kanan (HPN) – Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, adalah orang pertama di Kabupaten ini yang sudah melakukan 2 kali suntikan Vaksin Sinovac/Covid-19, mulai tanggal 14 dan 28 Januari 2021 yang lalu dengan didampingi Kadis Kesehatan, Anang Risgiyanto, bersama Gubernur Lampung, Forkopimda Provinsi dan beberapa Kepala Daerah Kabupaten/Kota di Aula Gedung Administrasi RSUD Abdul Moeloek Bandar Lampung.

Pada hari ini Bupati menghadiri Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Way Kanan di Aula Lantai III RSUD Zainal Abidin Pagar Alam (ZAPA) Kabupaten setempat. Senin (1/2/2021).

Dalam kegiatan tersebut, turut juga dihadiri oleh, Forkopimda, Sekda Saipul, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Kadis Kesehatan, Direktur RSUD ZAPA, Kepala Kesbangpol, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kadis P2AP2KB, Kadis PMK, Satpol PP, Ketua TP PKK Kabupaten, Dessy Afriyanti, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan, Vorian Melita Saipul serta undangan lainnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Adipati menyampaikan, Pemerintah telah menetapkan Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sebagai bencana Non-Alam dan Pemerintah telah mengumumkan kasus Konfirmasi pertama Covid-19 di Indonesia pada awal Maret 2020. Dalam rentang waktu satu bulan, seluruh Provinsi di Indonesia telah melaporkan kasus konfirmasi Penyebaran COVID-19, tidak hanya terjadi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan kota-kota besar lainnya, namun telah menyebar hingga ke pedesaan bahkan di daerah terpencil. Oleh karena itu, perlu segera dilakukan intervensi tidak hanya dari sisi penerapan Protokol Kesehatan namun juga diperlukan intervensi lain yang efektif untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit melalui upaya pemberian Vaksinasi.

Baca Juga :  Adipati, Danrem 043/Gatam Tandatangani Perjanjian Hibah Lahan

Vaksinasi merupakan upaya kesehatan masyarakat paling efektif dan efisien dalam mencegah beberapa penyakit berbahaya. Sejarah telah mencatat besarnya peranan Vaksinasi dalam menyelamatkan masyarakat dunia dari kesakitan, kecacatan bahkan kematian akibat Penyakit yang dapat dicegah dengan Vaksinasi (PD3I), seperti Cacar, Polio, Tuberkulosis, Hepatitis B yang dapat berakibat pada kanker hati, Difteri, Campak, Rubela dan Sindrom Kecacatan Bawaan Akibat Rubela (Congenital Rubella Syndrome/CRS), Tetanus pada ibu hamil dan bayi baru lahir, Pneumonia (radang paru), Meningitis (radang selaput otak), Kanker Serviks yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus dan Japanese Encephalitis (JE).

Lanjutnya, dalam Vaksinasi terdapat konsep Herd Immunity atau Kekebalan Kelompok. Kekebalan Kelompok ini hanya dapat terbentuk apabila cakupan Vaksinasi pada sasaran tinggi dan merata di seluruh wilayah. Sebagian besar sasaran yang telah kebal tersebut secara tidak langsung akan turut memberikan perlindungan bagi kelompok usia lainnya, sehingga bila ada satu atau sejumlah kasus PD3I di masyarakat, maka penyakit tersebut tidak akan menyebar dengan cepat dan Kejadian Luar Biasa (KLB) dapat dicegah.

Konsep ini merupakan bukti bahwa program Vaksinasi sangat efektif juga efisien karena hanya dengan menyasar kelompok rentan maka seluruh masyarakat akan dapat terlindungi. Upaya pencegahan melalui pemberian Program Vaksinasi jika dinilai dari sisi ekonomi, akan jauh lebih hemat biaya, apabila dibandingkan dengan upaya pengobatan.

“Dalam Pelayanan Vaksinasi COVID-19, dilaksanakan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan yaitu dengan menerapkan upaya Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) dan menjaga jarak aman 1 s/d 2 meter.
Tujuan kita pada hari ini berkumpul di sini adalah untuk melakukan pemberian Vaksinasi Covid-19 yang pertama di Kabupaten Way Kanan secara simbolis, dan hal ini juga nanti akan di ikuti secara bersamaan pelaksanaan Imunisasi Vaksin Covid-19 di seluruh Fasilitas Kesehatan Kabupaten Way Kanan.” ujar Bupati.

Baca Juga :  Forkopimda Lamtim Terima Vaksin Covid-19 di Gelombang Pertama

Selanjutnya Bupati Adipati menyebutkan, setelah acara Pencanangan Penyuntikan Vaksin Covid-19 ini, akan melaksanakan Vaksinasi untuk Tenaga Kesehatan di Kabupaten Way Kanan.

Ditambahkannya, “Masyarakat tidak perlu takut dan khawatir karena Pejabat sudah melaksanakan dan di Imunisasi Covid-19 terlebih dahulu, saya berharap agar pelaksanaan Imunisasi Covid-19 di Kabupaten Way Kanan, dapat di lakukan secara aman dan lancar, dan upaya yang kita lakukan mendapat Ridho dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.” tutup Bupati Adipati, yang dilanjutkan dengan pelepasan 1.680 Dosis Vaksin ke 1 Rumah Sakit dan 20 Puskesmas di 15 Kecamatan.

Dapat diketahui untuk Pejabat Publik yang melaksanakan Vaksinasi hari ini, Kapolres Way Kanan, AKBP. Binsar Manurung, Dandim 0427/WK, Letkol Inf. Anak Agung Gede Rama Cp, Wakil Ketua DPRD Way Kanan, Sekdakab, Ketua TP PKK, Wakil Ketua NU, Ketua Muhammadiyah, Wakil Agama Kristen Katolik, Wakil Agama Hindu, Kadis Kesehatan, Direktur RSUD ZAPA, Ketua IAKMI, Ketua IDI, Ketua IAI, Ketua PAPI, Anggota PDGI, Bendahara IBI, Sekretaris PATELKI, Sekretaris Persagi, Sekretaris PPNI, dan Anggota HAKLI Way Kanan. (Z/Rilis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here