HUT Waykanan ke-22, Bupati Hadiri Paripurna Istimewa

0
141
Foto: Dokpim. Way Kanan.

Way Kanan (HPN) – Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya bersama Wakil Bupati, Ali Rahman, menghadiri Paripurna Istimewa DPRD dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-22 Kabupaten Way Kanan, di Ruang Rapat DPRD Kabupaten setempat. Selasa (27/4/2021).

Pada Kegiatan tersebut juga dihadiri, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah, Saipul, Kepala dan Unsur dari Danskuadron 12/Serbu, Danlanud AD Gatot Soebroto, Instansi Vertikal lainnya, serta para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Kepala dan Unsur dari Inspektorat, Bappeda, BPKAD, BPBD, Dinas PMK, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Bagian Hukum Setdakab.

Pada Sambutannya, Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya, menyampaikan bahwa pada hari ini tanggal 27 April, DUA PULUH DUA tahun yang lalu Way Kanan lahir sebagai Kabupaten Definitif, merupakan pemekaran dari Kabupaten Lampung Utara. Sebagai daerah baru pada saat itu tentu banyak sekali tantangan dan keterbatasan yang dihadapi. Tetapi dengan keuletan dan kesabaran pemimpin dan rakyat yang bersatu Way Kanan, pelan tapi pasti mengalami perubahan kearah yang lebih baik.

“Perayaan ulang tahun Kabupaten Way Kanan yang bertepatan dengan bulan puasa kali ini, adalah saat yang tepat bagi kita selaku pewaris daerah untuk merenung, mengenang kembali perjuangan para pendahulu kita, yang telah berkorban baik moril maupun materil, untuk tujuan yang sama yaitu masyarakat Way Kanan yang sejahtera.” ucap Bupati Adipati.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Way Kanan dan pribadi, pertama tama saya mengucapkan Terima Kasih kepada para tokoh pendiri Kabupaten, baik dari Unsur Pemerintahan, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan para cerdik cendekia yang secara langsung maupun tidak langsung berjuang dalam pembentukan Kabupaten Way Kanan. Dirgahayu Kabupaten Way Kanan, Selamat menunaikan Ibadah puasa kepada Saudara-saudara kita yang menjalankan Ibadah puasa. Semoga Allah SWT memberikan balasan pahala yang setimpal dan senantiasa diberikan kesehatan.” tambahnya.

Bupati Adipati juga mengucapkan terima kasih, kepada Bapak-Bapak, Ibu-ibu, Saudara dan seluruh komponen masyarakat Way Kanan. Yang sejak berdiri Kabupaten Way Kanan sampai hari ini, sesuai posisi masing-masing terus berperan aktif memberikan berkontribusi terhadap kelangsungan pembangunan di Kabupaten Way Kanan ini. Melalui tangan-tangan kita bersama, maka Pembangunan Kabupaten Way Kanan kedepan diharapkan semakin baik sebagaimana amanat para pendiri daerah ini.

Baca Juga :  Pemkab Waykanan Gelar Upacara Bulanan

“Melalui Hari Jadi ini, marilah kita jadikan sebagai moment untuk terus berjuang dan berkarya, mengukir sejarah membangun masyarakat Way Kanan yang semakin baik, dengan mengandalkan potensi Sumber Daya dan kearifan lokal yang kita miliki, Peringatan Hari Jadi Kabupaten Way Kanan ini juga diharapkan menjadi wahana untuk melakukan refleksi atas kinerja pembangunan dan pemerintahan secara obyektif, selama perjalanan kurun waktu satu tahun yang diwarnai dengan persoalan dan tantangan yang berat dan kompleks.” kata Adipati.

Bupati Adipati menambahkan, bahwa Covid-19 dengan segala dampak ekonomi dan sosialnya belum berakhir. Pertumbuhan Ekonomi dan Pendapatan Daerah, mengalami penurunan tajam. Namun demikian terus berupaya untuk mempertahankan pelayanan publik yang memadai, dalam rangka penanggulangan Covid-19 dengan berbagai implikasinya, akibat pandemi Covid-19 tersebut juga telah mengubah Skenario Pembangunan Daerah, dimana arah pembangunan saat ini dan kedepan akan lebih terfokus pada upaya pembangunan SDM, khususnya penanggulangan Covid-19, pemulihan ekonomi dan meningkatkan pelayanan publik.

“Berbagai keterbatasan terutama menghadapi Budget Constrain, akan kita atasi dengan upaya meningkatkan Sinergitas Perencanaan dan program antar Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten, serta berkolaborasi dengan program Pemerintah Kampung. Sehingga pencapaian target pembangunan akan lebih efektif.” terangnya.

Lebih lanjut, Adipati menyampaikan, bahwa Momen HUT Way Kanan Ke 22 ini juga bersamaan dengan periode RPJMD 2021-2026, yang pada saat ini masih dalam proses konsultasi dengan Pemerintah Provinsi. Dalam konsep RPJMD tersebut tentu mempertimbangkan beberapa kondisi yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang akan kita hadapi dalam pembangunan kedepan. Berdasarkan kondisi, potensi dan letak strategis Kabupaten Way Kanan, yang memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif tentu sangat menguntungkan untuk percepatan Pembangunan Daerah.

Baca Juga :  Dimulai! Satlantas Polres WK Ops Zebra Krakatau

Kabupaten Way Kanan memiliki lahan Pertanian, Perkebunan, Peternakan, dan Perikanan yang cukup luas, dengan didukung keberadaan irigasi yang yang memadai, bukan hanya sangat potensial meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tetapi telah terbukti relatif tahan terhadap krisis, Oleh karena itu meskipun saat ini kita mengalami tekanan berat akibat Covid-19, tetapi dengan keunggulan-keunggulan yang ada kita masih miliki harapan besar menjadi daerah yang unggul dan sejahtera. Dan untuk melaksanakan pembangunan 5 tahun kedepan kita telah menetapkan Visi “Way Kanan Unggul dan Sejahtera.”

“Dalam Visi Way Kanan Unggul dan Sejahtera terkandung makna bahwa Pemerintahan kedepan bertekad membawa Kabupaten Way Kanan menempati posisi yang baik diantara Pemerintah Kabupaten lain, baik dalam Penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan Ekonomi maupun Sumber Daya Manusianya, dan setiap warga masyarakat dapat menikmati hasil-hasil pembangunan secara berkelanjutan. Program yang dijalankan Pemerintah Daerah memberikan dampak pada kesejahteraan masyarakat. Dimana kebutuhan fisik, psichis dan sosial masyarakat semakin terpenuhi.” imbuh Bupati.

Terakhir, Bupati Adipati mengatakan, melalui Hari Jadi Kabupaten Way Kanan Ke-22 tahun 2021 ini, mari kita bangun terus komitmen untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Dengan kekompakan, menciptakan suasana damai, membangun sinegritas antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten, dan Kampung dengan harapan seluruh lapisan masyarakat memberikan dukungan atas kebijakan dan program Pemerintah. Hal ini sejalan dengan tema yang diangkat, yaitu “Bersama Membangun Daerah Yang Berkelanjutan Dalam Mewujudkan Way Kanan Unggul Dan Sejahtera.”

“Untuk itu, saya mengharapkan agar Koordinasi dan Sinergitas yang selama ini berjalan dengan baik dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga geliat pembangunan dapat berjalan dengan baik bagi kesejahteraan masyarakat di Lampung, khususnya Kabupaten Way Kanan.” tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penyerahan Penghargaan Kepada Instansi, Organisasi dan Perusahaan Atas Partisipasi Aktif Mewujudkan Percepatan Pencegahan dan Penanganan Wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Di Kabupaten Way Kanan. (Z)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here