Foto, Pemkab Way Kanan
Foto, Pemkab Way Kanan

Way Kanan -(HPN)- Wakil Bupati Way Kanan, Ali Rahman, mengikuti Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas)Tahun 2021 secara Virtual, di Ruang Rapat Utama, Selasa (29/06/2021)

Pada kegiatan tersebut turut hadir, Wakil Ketua I TP-PKK, Eka Lestriyani Ali Rahman, Sekretaris Daerah, Saipul, Wakil Ketua II TP-PKK, Vorian Melita Saipul, Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra, Selan, Kadis P3APPKB, Yunada Atiek,Kadis Kominfo, Achmad Gantha, L’Ng, Kadis Kesehatan, Anang Risgiyanto, Kadis PMK, Ixuan Akhmadi, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Usman Karim JAB, Kadis Dukcapil Paryanto, dan Kadis Sosial, Pardi.

Pada Peringatan Hari Keluarga Nasional Ke 28 ini juga dilaksanakan Launching Vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil, menyusuil dan anak.

Menyampaikan Laporannya, Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, dalam laporannya mengatakan, Hari Keluarga Nasional merupakan momentum refleksi dan apresiasi negara terhadap peran keluarga yang turut membangun sumberdaya manusia yang berkualitas yaitu keluarga yang tentram, mandiri dan bahagia.

“Peringatan HARGANAS Ke-28 Tahun 2021 mengangkat tema Keluarga Keren Cegah Stunting, tema ini terkait dengan tugas baru dari bapak Presiden dan bapak Wakil Presiden” Jelas Hasto Wardoyo

Baca Juga :  Bupati Adipati Tinjau Fasilitas Kesehatan Serta Beri Bantuan Warga Isoman

Kepala BKKBN Juga menyampaikan, dalam situasi Pandemi Covid-19 seperti saat ini, BBKN dalam melakukan penanganan dan pencegahan stunting melaksanakan kegiatan intervensi yang strategis dan fokus, dalam hal ini menyiapkan semua ibu-ibu yang akan menjadi pasangan calon tersubur yang nantinya akan hamil,harus dilakukan skrining terkait dengan status nutrisinya, agar nanti ketika hamil dapat melahirkan anak yang sehat.

Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin pada sambutannya mengatakan,tema HARGANAS 2021 adalah Keluarga Keren Cegah Stunting, tema ini sangat tepat sebab Pemerintah sedang melakukan upaya dengan sungguh-sungguh dalam mengurangi privalensi stunting.

Wapres RI juga menjelaskan bahwa keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat dan mempunyai peran yang sangat besar. dan keluarga mempunyai paling tidak delapan fungsi antara lain fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan, keluarga menjadi tempat dimana nilai-nilai agama diajarkan, keluarga juga menjadi tempat bagaimana nilai-nilai kasih sayang diberikan secara langsung dari orang tua kepada anaknya, keluarga mempunyai peran penting dalam memperkenalkan anak terhadap nilai-nilai sosial budaya, serta cinta lingkungan, nilai-nilai saling menghormati dan toleransi bisa ditanamkan sejak dini dikeluarga dan keluarga menjadi tempat pertama untuk anak dalam bersosialisasi baik dengan orang tua maupun dengan saudara-saudaranya.

Baca Juga :  Polres Waykanan Gelar Press Release Akhir Tahun 2020

“oleh karena itu,keluarga juga disebut sebagai Sekolah Pertama atau Madrasatul Ula dalam menyiapkan generasi yang akan datang, jika keluarga berhasil dalam menyiapkan generasi yang sehat, berpendidikan dan berkarater yang baik maka, ada jaminan bangsa ini akan menjadi yang lebih baik” Ucap Wapres Ma’ruf Amin

“Mempertimbangkan peran yang besar dari keluarga tersebut, sangat lah tepat jika pembangunan bangsa ini dimulai dengan membangun keluarga, dan disinilah peran penting BKKBN yangsebagai lembaga yang salah satu tugasnya melaksanakan pembangunan keluarga, BKKBN harus dapat memastikan, agar pembangunan keluarga diarahkan kepada penciptaan keluarga yang berkualitas, yaitu keluarga yang sehat dan dibagun pada dasar perencanaan yang baik melalui perkawinan yang sah dan hidup dalam lingkungan yang sehat, sejahtera, mandiri dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa” Imbuh Wakil Presiden RI. (Z)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here