DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG TENGAH – PROVINSI LAMPUNG

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Rabu, 22 September 2021, Jam 13.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang SOPAN DAN BERADAP DI MEDIA SOSIAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Winarsih, M.Pd sebagai Pengajar dan Social Activation menuturkan, konten positif yang perlu diunggah di sosial media antara lain, konten inspiratif, konten edukatif, konten informatif, dan konten menghibur. Konten positif tidak menghina, mencela, memfitnah, melecehkan, menghasut, mengumpat, mencemarkan nama baik, menipu, dan lain-lain. Cerdas bermedia sosial diantaranya menjaga privasi, menjaga keamanan, menghindari hoaks, menyebarkan hal positif, dan menggunakan media sosial seperlunya. Andi Wahyu Saputra sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) dan Indonesian Trainer Forum (ITF) memaparkan, bijak menggunakan media sosial sesuai dengan norma agama, norma sosial, dan UU ITE. Batasan menggunakan media sosial yaitu tidak menyebarkan konten-konten yang menyinggung sara dan memecah kerukunan antar sesama atau umat beragama.

Baca Juga :  Kapolri, Gelar Vicon Seluruh Jajaran Kapolda Serta Kapolres, Kesiapan Pengamanan Kamtibmas Jelang Natal dan Tahun Baru

Anggun Yanuar, S.Pd sebagai Ketua Lampung Research and Consulting mengatakan, kiat-kiat berinteraksi di ruang digital yaitu, menggunakan kata dan kalimat yang baik, berbahasa yang baik, ramah, dan sopan, menggunakan panggilan atau sebutan orang yang baik, dan tidak mengusik privasi orang lain. Etika kolaborasi di ruang digital antara lain, tahu peran dan tanggungjawab, bekerja dengan tim, dan berkomunikasi dengan baik. Tantangan kolaborasi di ruang digital, belum bijak penggunaan ruang digital, banyak beredar berita hoaks dan ujaran kebencian, dan banyak beredar modus penipuan. Key Opinion Leader oleh Adhit “Element” sebagai Musisi dan Gitaris Element berbagi pengalaman bahwa apa yang kita unggah di sosial media harus bermanfaat bagi yang melihatnya atau paling tidak mengunggah konten-konten positif dan tidak membuat kegaduhan di sosial media.

Baca Juga :  LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG TENGAH – PROVINSI LAMPUNG

 

 

Dilaporkan oleh : safril