Halopaginews.com-Senin, 20 September 2021, Jam 13.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi., yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang MENJAGA DAN MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Menurut Dr. Hj. Rofikatul Karimah, M.Si., menjabarkan peran orang tua dalam menjaga keamanan digital untuk anak, antara lain kenali situ yang aman bagi anak, masuk ke dunia online anak, buat aturan tertulis, ajarkan anak untuk menjaga kerahasiaan identitas pribadinya, jadi sahabat anak, serta bekerja sama dengan penyedia layanan internet untuk pembatasan layanan bagi anak dibawah umur. Menjaga jejak digital di dunia maya merupakan hal penting juga. Menurut  Sari Monik Agustin, menjaga jejak digital anak agar tetap aman di media sosial, antara lain ajarkan anak untuk berpikir sebelum mengunggah, pastikan hanya mengunggah konten positif dan bermanfaat, batasi informasi yang dibagikan di internet, serta beritahu anak jika setiap aktivitas yang dilakukan di internet, daoat dengan mudah di duplikasikan dan dipublikasikan ulang oleh orang lain.
Menurut Bambang Susilo, SAN., kehadiran media sosial sebagai wadah berbincang dan bertukar informasi antara satu dengan yang lain tentu memberikan dampak yang sangat positif. Sayangnya, media sosial juga menjadi arena bagi penyampaian opini, ujaran penuh kebencian (hate speech), dan berita-berita palsu (hoax). Untuk menghindari hal tersebut, orang tua harus mengedukasi anak terlebih dahulu sebelum anak terbawa arus negatif di media sosial. Diakhiri dengan key opinion leader, oleh Theresia Jennifer Sheren sebagai Penyanyi dan Konten Kreator, menjelaskan pentingnya menjaga dan mendidik anak di era digital agar anak tidak mudah terpengaruh dengan pergaulan negatif yang ada di internet. Karena saat ini sudah banyak anak dibawah umur yang menggunakan internet bahkan sampai kecanduan. Tugas orang tua bukanlah melarang anak, melainkan orang tua dapat mencari solusi kegiatan apa yang dapat anak lakukan selain bermedia sosial, jadikan lah media sosial temapat anak untuk menggali bakat dan minatnya secara maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here