LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG TENGAH – PROVINSI LAMPUNG

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Halopaginews.com|Selasa, 12 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur provinsi Lampung yaitu Ir. H. Arinal Djunaidi, serta Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang MEMAHAMI PENTINGNYA DATA PRIBADI oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Menurut Poppy Sovia, cara menjadikan internet sebagai tempat yang aman, antara lain tunjukan perilaku baik di dunia maya, periksa pengaturan akun dan kata sandi, serta tidak menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya. Tips merawat jejak digital, dengan cara cari tau apa saja yang internet tau tentang kita dengan cara mencari nama kita di mesinpencarian, kelola jejak digitaldi media sosial, atur privasi di perangkat, rutin ganti kata sandi, pakailah kata sandi susah di tebak dan tidak umum, serta hapus dan non aktifkan aplikasi yang sudah tidak dipakai. Dilanjut oleh Dr. Rahtika Diana, M.Si., menjabarkan ancaman digital, meliputi isu privasi, isu keamanan yang berkaitan dengan bagaimana seseorang dapat melakukan proteksi keamanan berbagai program dalam komputer khususnya proteksi terhadap serangan siber, dan spamming.
Cara menghindari malware, antara lain jangan membuka lampiran dari surel yang masuk, baik dari alamat surel yang dikenal atau tidak, unduh file dan dokumen dari situs yang terpercaya, serta hanya berbagi perangkat keras penyimpanan file kepada orang atau komputer yang dipercaya. Webinar diakhiri, dengan key opinion leader, oleh Nelly Carey sebagai Vokalis dan Influencer berupa sharing session, berupa pentingnya menjaga data pribadi dan tidak memberikan data pribadi kepada siapaun dan tidak mengunggahnya ke media sosial agar tidak digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Bijak bermedia digital karena jejak digital tidak dapat ditinggalkan.

Baca Juga :  Diduga Mempekerjakan Anak di Bawah Umur di Tempat Karaoke Nagoya, Seorang Pria di Tangkap Polisi

Jumat, (22/10/21)

Dilaporkan oleh : safril