Foto LITERASI DIGITAL KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT–PROVINSI LAMPUNG
Foto, LITERASI DIGITAL KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT–PROVINSI LAMPUNG

Halopaginews.com|Rabu, 15 September 2021, Jam 09.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Tema besar webinar KIAT-KIAT MELAWAN HOAKS oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Pembahasan tentang bijak dalam menggunakan media sosial, melansir laman San Diego Virtual School, lakukan T.H.I.N.K sebelum kita membagikan cerita di media sosial. THINK itu terdiri dari, bijaklah sebelum mengunggah sesuatu ke internet atau media sosial. Berikut hal-hal yang dapat dijadikan pertimbangan agar unggahan kita adalah unggahan yang bijak. Jangan oversharing ialah oversharing atau membagikan hal pribadi secara berlebihan. Jangan sharing hal-hal pribadi ke media sosial, misalnya mengunggah KTP, nomor tiket penerbangan, atau sertifikat vaksin. Pilihlah dengan bijak hal-hal yang memang pantas untuk dibagikan dan menjadi konsumsi publik. Dan lakukan detoks medsos secara berkala, cobalah untuk menjadwalkan berhenti bermain media sosial untuk kurun waktu tertentu, misalnya satu hari, seminggu, atau sebulan. Detoks medsos ini jadi langkah yang tepat saat kita merasa lelah terhadap dunia maya. Tujuan detoks adalah menjaga kesehatan mental, terhubung kembali dengan kehidupan nyata, dapat menikmati kehidupan nyata, menurut H. Eko Anzair, M.Si sebagai Kepala SMA Al Kautsar Bandar Lampung.
Dan narsum kedua Dr. Pitoyo, SS, M.Ikom sebagai Ketua Umum Ikatan Doktor Ilmu Komunikasi (IDIK) UNPAD mengatakan bahwa, hati-hati dengan penipuan. Kita harus tahu untuk penipuan yang sering muncul di umpan berita media sosail atau bahkan pesan pribadi, mulai dari ancaman phishing hingga berbagai malware, periksa setiap pos, pesan, dan tautan secara menyeluruh sebelum terlibat dengan atau membagikannya. Sebelum memposting, membagikan atau memperbarui informasi pribadi di platform media sosial, pertimbangkan di mana data tersebut akan ditampilkan di situs dan siapa yang dapat melihatnya. Langkah pencegahan ini, yang juga berlaku untuk foto dan video, adalah kunci yang aman dari aktivitas media sosial.

Baca Juga :  Agus Fatoni Pantau Penerapan Protokol Kesehatan

07 september 2021

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here