LITERASI DIGITAL KABUPATEN TULANG BAWANG – PROVINSI LAMPUNG

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Jumat, 19 November 2021, Jam 14.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang MEMAHAMI PENTINGNYA MENJAGA KEAMANAN DI RUANG DIGITAL SOSIAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Salah satu cara menjaga keamanan di ruang digital yaitu dengan tidak mengunggah data pribadi, hal ini dikarenakan dapat menghindari kasus pelecehan seksual, menghindari bullying, dan menghindari kekerasan berbasis gender online. Agar melindungi data pribadi saat ini sedang dirancang RUU perlindungan data pribadi, unsur yang harus ada antara lain, pemilik data, pengguna data, aliran data, dan keamanan data dan sanksi, menurut Dr. Alfan Miko, M.Si sebagai Dosen Jurusan Sosiologi FISIP Universitas Andalas. Tidak hanya itu, gunakanlah bahaya yang baik, akibat dari penggunaan bahasa yang tidak baik adalah propaganda politik dan cyberbullying. Faktor adanya komentar jahat di media sosial antara lain, ingin menunjukkan adanya eksistensi, meluapkan ekspresi, dan platform digital sebagai media yang bebas. Aturan dalam berinternet diantaranya, amankan dulu diri kita, maksudnya adalah amankan semua properti, mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer, dengan memasang anti virus. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga dengan mudah mengupload data pribadi, menurut Dina Putri Anggraini, A.Md sebagai Anggota Badan Pembina Adaptasi Kehidupan Baru ITERA.
Media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Ciri media sosial antara lain, pesan yang disampaikan cenderung lebih cepat dibanding media lainnya, penerima pesan yang menentukan waktu interaksi, real time, menurut Dr. Femmy Indriany Dalimunthe, SE, M.Si, CHE, CEE sebagai Wakil Direktur 1 Bidang Akademik Perguruan Tinggi Politeknik Pariwisata Medan. Key Opinion Leader oleh Inta Oceania sebagai Presenter menambahkan, fungsi sosial media antara lain, memperluas jaringan bisnis dan peluang untuk ekspansi bisnis dan mendapatkan pelanggan baru dengan market yang lebih luas. Jangan mengunggah data pribadi atau berkomentar yang tidak baik di akun media sosial milik orang lain.

Dilaporkan oleh : safril