LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG SELATAN – PROVINSI LAMPUNG

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Halopaginews.com
Rabu, 01 Desember 2021, Jam 13.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Direktur Jenderal Aplikasi Informatika yaitu, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc dan Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang MELAWAN PELECEHAN SEKSUAL DI DUNIA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Secara umum yang dimaksud dengan pelecehan seksual adalah segala macam bentuk prilaku yang berkonotasi atau mengarah kepala hal-hal seksual yang dilakukan secara sepihak dan tidak diharapkan oleh orang yang menjadi sasaran. Sehingga menimbulkan reaksi negatif, seperti malu, marah, benci, tersinggung, dan sebagainya pada diri individu yang menjadi korban pelecehan seksual tersebut. Aditya Pratama, M.A sebagai Dosen Universitas Muhammadiyah Lampung UIN Raden Intan menuturkan etika adalah dasar untuk menciptakan model optimal hubungan manusia yang adil, etika terletak pada dasar kesadaran moral masyarakat. Mereka adalah prinsip bersama yang diperlukan untuk saling pengertian dan hubungan yang harmonis. Informasi tidak lagi melalui proses validasi berat yang sebelumnya kami gunakan untuk menerbitkan surat kabar dan buku.
Miswan, S.Pd sebagai Praktisi Pendidikan memaparkan orang tua memiliki hak mendidik anak dengan caranya agar buah hati terhindar dari hal-hal negatif. Peranan orang tua antara lain, memberikan pengawasan, menjaga kepercayaan, mengatur waktu interaksi, membatasi penggunaan aplikasi. Ridho Bayu Yefterson, M.Pd sebagai Dosen Universitas Negeri Padang menjelaskan pendayagunaan internet untuk kebutuhan pendidikan masih sangatlah minim. Masih terdapat perilaku pelanggaran norma dan etika dalam pemanfaatan internet. Pendidikan dalam ruang digital tidak hanya berupaya dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa, tetapi juga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran moral siswa sebagai generasi penerus. Key Opinion Leader oleh Nelly Carey sebagai Influencer menambahkan beberapa pelecehan seksual di media sosial, seperti spamming dengan komentar tidak pantas, doxing yang menyebarkan informasi pribadi tanpa izin, dan pelecehan visual yang mengirim foto kurang pantas.

Dilaporkan oleh : safril