Pemkot Metro, Gelar Rapat Evaluasi Kota Layak Anak di Tahun 2021 dan Persiapan Penilaian Kota Layak Anak di Tahun 2022

Foto, Pemkot Metro, Gelar Rapat Evaluasi Kota Layak Anak di Tahun 2021 dan Persiapan Penilaian Kota Layak Anak di Tahun 2022

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Kota Metro-(HPN)- Pemerintah Kota (Pemkot) Metro mengadakan Rapat Evaluasi Kota Layak Anak di tahun 2021 dan Persiapan Penilaian Kota Layak Anak di tahun 2022. Acara berlangsung di Aula Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, Kamis (06/01/2022).

Wahdi Siradjuddin selaku Walikota Metro menyampaikan, hari ini kegiatan kita adalah evaluasi kota layak anak di tahun 2021, karena hal seperti ini sangat penting sekali. Dan disini sama saja kita sudah mempersiapkan generasi kita untuk masa depan.

“Hal ini sesuai dengan yang sudah saya sampai, yaitu sesuai dengan misi satu GEMERLANG (Generasi Emas Metro Cemerlang) yang capaiannya nanti pada Indonesia Emas 2045. Selama ini kota layak anak hampir bertahun-tahun hanya di Pratama saja, artinya terburuk,” ujarnya.

Wahdi juga menyampaikan, maka dari itu pada saat ini kita tersadar, saat ini kita harus menaikan lagi upaya-upaya kita untuk meningkatkan status kita.

Baca Juga :  Sekda Kota Metro, Lantik 125 Pejabat Fungsional Lingkungan Pemkot Metro

Kemarin waktu Menteri PPA datang ke Kota Metro merasa heran, mengapa Kota Metro masih di Pratama, harus nya Kota Metro ini sudah nindya.

“Jadi, dengan inilah kita akan meningkatkan capaian tersebut, dan disini kami mohon doa dari masyarakat semuanya. Bahwa capaian kota layak anak di Kota Metro harus diurusi semuanya, mulai dari eksekutif, legislatif, yudikatif,” katanya.

Wahdi juga mengatakan, dengan adanya kota layak seperti ini, kita sudah membuat forum untuk anak. Yang mana, setelah ada forum anak di tingkat kelurahan nantinya mereka-mereka dapat mengikuti musrenbang.

“Jadi, di musrenbang itulah meraka bisa menyampaikan apa yang ada di pemikiran mereka. Selain itu juga, dibentuknya forum anak ini adalah untuk mendidik dan mengajarkan anak-anak kita untuk bisa berorganisasi dengan baik,” ucapnya.

Lanjut Wahdi, selain itu, kami Pemerintah Kota (Pemkot) Metro mempunyai target, untuk kota layak anak di Kota Metro kedepannya dapat berubah status dari Pratama menjadi nindya.

Baca Juga :  Pemkot Metro, Pastikan Tes CPNS dan PPPK Rapid Tes Antigen

Ditempat yang sama, Prayetno selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3A-P2KB) menyampaikan, syarat untuk menuju status nindya yang perlu kita siapkan adalah, disitu ada 5 klaster dengan 24 indikatornya dengan borang-borang yang diisi, disitu ada dokumen, administrasi, bukti-bukti fisik yang kita sampaikan di borang-borang itu. Dan setelah itu yang menilai adalah Kementerian dari PPA Indonesia.

“Untuk penilaiannya, InsyaAllah akan dilakukan di Bulan Juli. Akan tetapi di bulan Maret sudah dimulai secara internal atau mandiri. Disini untuk mencapai status nindya Pemerintah tidak dapat sendiri, akan tetapi perlu ada dukungan dan kolaborasi dari seluruh stakeholder, para pengusaha, eksekutif, legislatif, dan teman-teman media,” pungkasnya. (*)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum