SMAN 1 Metro Siap Sukseskan Program Sekolah Siaga Kependudukan

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung-(HPN)- SMA Negeri 1 Metro mengikuti Workshop yang diselenggarakan oleh BKKBN Republik Indonesia Perwakilan Lampung ini bertujuan untuk menyelenggarakan program integrasi pendidikan siaga kependudukan, keluarga berencana, dan pendidikan keluarga di sekolah sekolah formal seperti SMP, SMA maupun SMK.

BKKBN menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung untuk melaksanakan integrasi dengan strategi pertama masuk ke dalam program ekstrakurikuler yang kedua masuk terintegrasi ke dalam mata pelajaran diantaranya geografi, sosiologi, biologi, pendidikan agama dan masih banyak lagi mata pelajaran yang dapat mengintegrasikan materi pendidikan kependudukan.

Hal ini dilatarbelakangi oleh mempersiapkan generasi emas 2045 gimana perjalanan dari tahun 2020 sampai dengan 2045 terjadi bonus demografi yang diiringi dengan ancaman berbagai hal seperti stunting, pernikahan dini, dan berbagai problem remaja dan kenakalan remaja. Gimana generasi yang akan menjadi pemeran dalam generasi emas 2045 adalah generasi yang lahir dari generasi z Alfa maupun beta.

Dengan demikian penting sekali sejak dini memberikan pendidikan kependudukan di sekolah-sekolah untuk mempersiapkan dan mengantisipasi bonus demografi dan berbagai permasalahan yang timbul pada saat penyiapan generasi emas 2045.

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

SMA Negeri 1 Metro sebagai sekolah yang berkomitmen dan melaksanakan program sekolah siaga kependudukan (SSK) DI TAHUN 2023 antaranya :

Baca Juga :  LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG BARAT – PROVINSI LAMPUNG

1.Menyediakan pojok kependudukan untuk dimanfaatkan peserta didik dan guru berdiskusi melaksanakan pembelajaran terkait dengan program siaga kependudukan antara lain ledakan penduduk bonus demografi pendidikan keluarga program keluarga berencana stunting reproduksi kesehatan kenakalan remaja dan dampaknya.

2.Menyelenggarakan program informasi dan konseling remaja (PIK-R) di mana program ini memberikan bantuan konsultasi kepada siswa-siswi berkaitan dengan permasalahan remaja seperti kesehatan reproduksi, dan bahaya pernikahan dini, dan berbagai hal yang didiskusikan untuk mempersiapkan menjadi keluarga yang sejahtera di masa yang akan datang.

3.Program Generasi Berencana (GENRE). SMA Negeri 1 Metro juga mempersiapkan adanya duta generasi berencana (Genre) memegang peran penting untuk mensosialisasikan bahwa keluarga adalah segala-galanya.

Genre adalah suatu program dari singkatan “Generasi Yang Punya Rencana” yang diluncurkan oleh pemerintah lewat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Dalam rangka merespon permasalahan remaja saat ini, BKKBN mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe).

Program GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Baca Juga :  LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG SELATAN – PROVINSI LAMPUNG

Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda.

Sementara, Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif) guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Keberadaan duta Genre sekaligus menekan maraknya permasalahan remaja, dan yang yang paling menonjol adalah permasalahan seputar seksualitas.

Persoalan HIV/AIDS, penyalahgunaan narkoba dan rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan usia kawin pertama yang relatif masih rendah, masih menimpa remaja, sehingga peran duta Genre perlu terus digiatkan.

Tahun 2023 ini SMA Negeri 1 Metro juga telah mendapatkan penghargaan terbaik tingkat Provinsi Lampung sebagai sekolah penyelenggara program siaga kependudukan yang telah diserah terimakan di kali Keraton untuk tingkat Provinsi Lampung, dan juga mendapatkan penghargaan dari walikota Metro yang telah diserahkan di gedung sesat Kota Metro pada pertengahan bulan lalu. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum