Triono Duduki Rektor di UMPTB Periode 2019-2023

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Tulang Bawang (HPN) – Ketua Yayasan Megou Pak Abdurachman Sarbini secara resmi melantik Triono sebagai Rektor Universitas Megou Pak, masa bhakti 2019-2023, yang dilaksanakan di Kampus Megou Pak setempat. Sabtu (2/11/19).

Tampak hadir dalam pelantikan tersebut, Wakil Bupati Tulangbawang Hendriwansyah, Staf Ahli Bupati Tulangbawang, Kodim 0426 Tulangbawang, Polres Tulangbawang, Kejari Tulangbawang, DPRD Tulangbawang, Tokoh Adat Megou Pak, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Tulangbawang, serta sivitas akademika UMPTB yang meliputi Dosen, Karyawan, dan Mahasiswa.

Selain acara pelantikan Rektor, juga dilaksanakan kegiatan Tasukuran dies natalis ke-13 UMPTB, dengan mengusung tema “Menuju Kebangkitan Tri Dharma Perguruan Tinggi.”

Dalam sambutannya, Triono mengajak seluruh sivitas akademika UMPTB untuk bersatu dan bersinergi dalam membangun dan meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi di kampus Universitas Megou Pak Tulangbawang.

Triono mengatakan, bahwa UMPTB harus lebih mengedepankan kebersamaan dan sinergitas dengan semua pihak dalam mengembangkan pendidikan di level lokal, nasional, dan internasional.

“Kita perlu bersinergi dan bekerjasama dengan semua elemen yang ada untuk memajukan pendidikan tinggi yang lebih baik, sebab dalam melaksanakan dan meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi diperlukan konsep 4 K (kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas) dari semua personal manajement UMPTB”, ujar Triono.

Triono juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah membantu dan bekerjasama dengan UMPTB. Selanjutnya Triono berharap, dengan semangat optimisme kedepan UMPTB akan terus berupaya dan berdikari dalam memberikan pelayanan pendidikan tinggi yang lebih baik lagi kepada masyarakat. Diketahui saat ini Universitas Megou Pak Tulangbawang sudah meluluskan alumni sebanyak 1.320 lulusan dimana para alumni sudah ada yang bekerja dan mengabdi pada instansi pemerintah (sebagai PNS/ASN), sektor swasta, dunia perbankan, jurnalis, pengacara, peneliti, guru, dosen, wiraswasta, politisi, dan lain-lain.

Baca Juga :  Dandim 0426/TB Lepas Anggota Pindah Satuan

Demi meningkatkan standar mutu akademik, saat ini UMPTB dalam proses re-Akreditasi dan upaya peningkatan status dari akreditasi C menjadi B.

Sementara Ketua Yayasan Megou Pak Abdrucahman Sarbini dalam sambutannya menyampaikan tentang sejarah lahirnya Universitas Megou Pak Tulangbawang (UMPTB) Dengan dilatar belakangi historis kota Menggala di zaman Hindia Belanda yang merupakan satu-satunya daerah di Lampung yang menjadi pusat pendidikan yaitu dengan adanya sekolah Hollandsch-Inlandsche School (HIS), pusat perdagangan dan pusat pemerintahan, atas dasar tersebut Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels (1808-1811) menjuluki Kota Menggala sebagai Paris Van Lampung. Didasari atas ide dan gagasan cemerlang tersebut, Abdurachman Sarbini selaku Bupati Tulangbawang pada tahun 2004 bersama dengan elemen masyarakat Tulangbawang menginisiasi pendirian Kampus Universitas Megou Pak Tulangbawang.

Inilah arti nama Universitas di“Megou Pak” dibuat, menurut sejarah kearifan lokal Kabupeten di Tulangbawang ada sebanyak 4 marga Lampung di Tulangbawang. Megou di artikan Marga dan Pak adalah Empat (Marga Tegamo’an, Marga Buai Bulan, Marga Suai Umpu dan Marga Aji).
Universitas Megou Pak Tulangbawang resmi menjalankan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi setelah mendapatkan SK Mendikbud RI Nomor 252/D/O/2006 tentang Alih Kelola Universitas Dirgantara Indonesia (UDI) Yogyakarta menjadi Universitas Megou Pak Tulangbawang, dan diperkuat dengan Perda Tulangbawang nomor 12 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Universitas Megou Pak Tulangbawang, dan Yayasan Megou Pak sebagai pengelolanya melalui SK Notaris Amran, Nomor 9 tahun 2006.

Baca Juga :  Launching BIAN UPTD Puskesmas Sumber Mulia Di SDN 3 Lubai Ulu

Mance (sebutan akrab Sarbini) berharap, dengan peringatan Dies Natalis ke-13 dan pelantikan Rektor UMPTB masa bhakti 2019-2023 ini, UMPTB kedepan bisa berkembang dan lebih maju dalam rangka turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Lalu Mance optimis dan berkeyakinan bahwa UMPTB kedepan akan bisa bangkit dan lebih baik lagi dalam hal pelayanan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Mance juga mengingatkan kepada jajaran manajemen UMPTB untuk senantiasa berkoordinasi, bersinergi, dan bekerjasama dengan semua pihak dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan UMPTB.

Selain itu Hendriwansyah, Wakil Bupati Tulangbawang dalam sambutannya, ia mengajak semua elemen masyarakat Tulangbawang untuk kompak bersama-sama mendukung kemajuan Universitas Megou Pak, UMPTB adalah kebanggaan kita bersama, mari kita jaga, mari kita dukung untuk lebih baik lagi. (aw)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews