Foto,Wabup Ali Rahman Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Way Kanan
Foto,Wabup Ali Rahman Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Way Kanan

Way Kanan-(HPN)-  Wakil Bupati Ali Rahman, memimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2021,bertempat di Lapangan Pondok Pesantren Fathul Ulum Kampung Bandar Sari Kecamatan Way Tuba Kabupaten setempat, Jum’at (22/10/2021)

Dihadiri langsung oleh Forkopimda, Skuadron 12/Serbu, Lanudad Gatot Soebroto Way Tuba, Kementrian Agama Kabupaten Way Kanan, Sat Pol PP, Bagian Kesra Setdakab, Pimpinan, Pengasuh dan para Santri Ponpes Fathul Ulum.

Wakil Bupati Ali Rahman, yang membacakan sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, mengatakan bahwa, dengan tema Santri Siaga Jiwa Raga, menjadi sangat penting dan relevan di era Pandemi Covid-19 seperti saat ini, dimana kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga Protokol Kesehatan 5M+1M.

Hal ini perlu diperhatikan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya, agar tetap menyiagakan jiwa serta raganya demi kepentingan Bangsa Indonesia, terutama dalam rangka bersama-sama untuk bangkit dari dampak Pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Audensi Pimpinan Cabang Bank BRI Kotabumi dan Pengurus Buay Pemuka Pangeran Ilir ke Bupati Way Kanan

Kita patut mengapresiasi pengalaman beberapa Pesantren yang berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian dan penanganan atas dampak pandemi Covid-19.

Hal tersebut menjadi bukti nyata bahwa pesantren juga memiliki kemampuan untuk menghadapi pandemi Covid-19 ditengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimilikinya.

Tentunya menjadi modal utama adalah tradisi kedisiplinan dan sikap kehati-hatian yang selama ini di ajarkan oleh para Pimpinan Pesantren kepada para Santri. Tak lupa pula bahwa keteladanan berkontribusi untuk mendorong para Santri bersedia ikut Vaksin, yang saat ini sedang diprogramkan oleh Pemerintah.

“Kita patut bersyukur karena dua tahun yang lalu menjelang Peringatan Hari Santri Tahun 2019,kaum Santri mendapatkan kado istimewa berupa Pengesahan UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Yang berfungi sebagai rekognisi, afirmasi dan fasilitasi bahwa Pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi dakwah dan fungsi pemberdayaan masyarakat.

Sedangkan Peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini, kalangan pesantren kembali mendapatkan kado indah dari Presiden Joko Widodo, berupa Perpres Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren, yang dialokasikan dalam upaya peningkatan kualitas SDM Pendidikan Pesantren”, ucap Wakil Bupati Ali Rahman.

Baca Juga :  Pemkab Way Kanan, Gelar Dialog Keagamaan dan Silaturahmi Tokoh Agama Se-Kabupaten Way Kanan

Selanjutnya,Wakil Bupati Ali Rahman mengatakan, melalui Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2021 mengajak untuk mendoakan para Pahlawan terutama kalangan Ulama, Kiai, Santri yang telah sahid di medan perang, demi kemaslahatan Bangsa dan Agama.

“Semoga arwah para Pahlawan Bangsa ditempatkan yang baik disisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Amin. Selaku Menteri Agama RI, saya patut menyampaikan terimakasih juga kepada seluruh elemen masyarakat dari Sabang sampai Merauke, yang hari ini sedang bersuka cita merayakan Peringatan Hari Santri 2021”, tutup Wakil Bupati Ali Rahman, yang selanjutnya pada acara tersebut membagikan Sembako kepada para Lanjut Usia sebanyak 30 paket Sembako dan kepada para Santri sebanyak 22 paket Sembako. (Z)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here