Tingkatkan Kemampuan, Personel Polres Lhokseumawe Latihan SAR Laut

Foto, Tingkatkan Kemampuan, Personel Polres Lhokseumawe Latihan SAR Laut

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

LHOKSEUMAWE-(HPN)- Personil Polres Lhokseumawe menggelar latihan SAR Laut guna meningkatkan kemampuan serta kesiapan personil dan operasional SAR berlangsung di sekitar Laut PPI Pusong lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, sabtu (26/02/2022) pagi.

Pelatihan SAR tersebut dibimbing langsung Kasat Polair Polres Lhokseumawe AKP Ibnu Sachdan dan Kasat Samapta AKP Andi Dharma, S.sos, M.Si dan dihadiri sejumlah personil Polres Lhokseumawe.

“Latihan SAR laut ini untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan profesionalitas personel Polres Lhokseumawe,” kata Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, S.I.K, M.H melalui Kasi Humas Salman Alfarasi, S.H, M.M.

Baca Juga :  Beredar Video Suami Tarawih Istri Selingkuh, Ini Klarifikasi Kepolisian

Dia menjelaskan, salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh personel Polri adalah Kemampuan SAR Laut. Sesuai dengan arti kata SAR yang berarti Search (Pencarian) dan Rescue berarti pertolongan atau penyelamatan.

“Maka dalam kegiatan operasional SAR dibutuhkan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknis serta beberapa disiplin ilmu sebagai penunjang/pendukung kegiatan di lapangan,” katanya.

Baca Juga :  Polisi Dalami Motif Kasus Pembakaran Ibu Tiri

Selain itu pelatihan ini, lanjut Salman, wujud pembinaan serta membentuk mental setiap personel apabila dibutuhkan untuk bergerak melakukan pertolongan Laut.

“Latihan SAR laut ini mengajarkan teknik evakuasi serta penyelamatan korban di laut. Teknis ini harus berdasarkan SOP yang berlaku untuk mengurangi kesalahan prosedural dalam penanganan korban,”pungkasnya. (Rilis/Hsdn)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum