Hadiri PAT, Dandim 0429/Lamtim: Mari Bekerjasama Sekaligus Sama-sama Bekerja

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-Halopaginews.com- Dandim 0429/Lamtim Letkol Arm Arief Budiman, S.Sos., M.M menghadiri Perluasan Areal Tanam (PAT) tumpang sisip/ padi gogo, di Desa Sumur Bandung, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, Rabu (17/4/2024).

Dalam sambutanya Dandim mengajak kepada semua yang terlibat untuk mendukung serta mensukseskan program dari pemerintah dalam bidang pangan guna mengantisipasi terjadinya krisis pangan dampak dari El-Nino.

“Mari satukan niat dan tekad untuk bekerja sama sekaligus sama-sama bekerja secara optimal dengan ikhlas sehingga tujuan peningkatan kedaulatan pangan yang kita harapkan bisa tercapai”, tutur Dandim.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, inti dari kegiatan ini adalah upaya dari pemerintah Pusat melalui Presiden kepada Mentan bekerjasama dengan TNI kemudian diteruskan ditingkat Kodam, Korem sampai dengan di kelas bawah yakni jajaran Kodim.

“Pemerintah terus mendorong peningkatan produksi padi dengan memanfaatkan setiap lahan yang memungkinkan untuk menanam padi. Termasuk lahan yang belum produktif juga dapat dioptimalkan dengan menanam tanaman sela seperti padi gogo diluar Program Oplah dan Pompanisasi”, pungkas Dandim.

Baca Juga :  Gunakan Ganja, Seorang Remaja Digelandang Ke Polres Lamtim

Sementara Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Provinsi Lampung Dr. Rahman Jaya, S.Pi, Msi mengatakan untuk Kabupaten Lampung Timur paketnya lengkap selain Optimalisasi Lahan (Oplah) juga terdapat pompanisasi.

“Setelah dilakukan komunikasi dengan dinas, lahan kering di Lampung Timur sangat luas target mencapai 200 Ha”, ungkapnya.

Masih dikatakannya, terkait pelaporan kegiatan Oplah maupun pompanisasi pihaknya berharap penyuluh melakukan koordinasi yang baik dengan para Babinsa dan mitra di lapangan.

“Karena pelaporan setiap hari dilengkapi dengan foto Open Camera sehingga progres perkembangan bisa diketahui hasilnya. Kita sama2 berharap dalam 1-2 bulan kedepan masih ada hujan sehingga penanaman padi gogo ini berjalan dengan baik”, tutupnya.

Baca Juga :  Apel Gelar Pasukan Ops Zebra 2022, Polres Lampung Timur Akan Berikan Tindakan Yang Simpatik

Pada kesempatan yang sama, Camat Way Jepara Drs. Junaidi mengapresiasi sekaligus mendukung program-program yang dilaksanakan oleh TNI khususnya Kodim 0429/Lamtim diwilayahnya.

“Mewakili Forkopimcam dan masyarakat Way Jepara kami mengucapkan terima kasih, sudah banyak program yang dilakukan Kodim 0429/Lamtim menyentuh langsung ke masyarakat diantaranya TMMD, Dapur Masuk Sekolah termasuk sebentar lagi akan dilaksanakan Oplah dan Pompanisasi guna peningkatan hasil produksi padi guna mendukung swasembada pangan”, tegasnya.

Selain Dandim, turut hadir Danramil 429-09/Way Jepara Kapten Inf Jumali, Pasiter Kodim 0429/Lamtim Lettu Kav Afrizal, BSIP Provinsi Lampung Dr. Rahman Jaya, S.Pi, Msi, Camat Way Jepara Drs. Junaidi, Plt. Kadis Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Lamtim Tri Wibowo, S.STP., M.M, Kabid Pertanian Lamtim Artado, Sekertaris Dinas Pertanian Irza Murni SH.MH, Kades Sumur Bandung Syahril, Korluh serta perwakilan warga masyarakat. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum