FAN Gelar Lomba Antar Sekolah Jelang HUT Bangko Pusako Ke-17 Tahun

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Riau, Rokan Hilir (HPN) – Forum Anak Nasional (FAN) Kecamatan Bangko Pusako menggelar berbagai perlombaan antar Sekolah di Kecamatan Bangko Pusako, tepatnya di Kepenghuluan Bangko Sempurna, yang dilaksanakan di Lapangan Datuk Sei Rumbia KM 18 Balam.

Adapun perlombaan mulai dari tingkat TK sampai SLTA sederajat. Untuk TK lomba mewarnai, SD dan SMP yaitu lomba baca puisi, sedangkan SLTA sederajat melombakan paduan suara.
Total sekolah yang mengikuti lomba TK 25 sekolah, SD 11 sekolah SLTP 8 sekolah,
SLTAΒ  4 sekolah.

Ketua pelaksana yang juga wakil ketua Forum Anak Nasional Kecamatan Bangko Pusako Zulfia Darwinda mengatakan, bahwa perlombaan dalam rangka menyambut HUT Kecamatan Bangko Pusako ke-17, dan sekaligus bertujuan agar remaja aktif mengerti mengenai Forum Anak dan ikut bergabung untuk menjadi bagian Forum Anak Nasional dan menjadi wadah partisipasi anak di Indonesia sekaligus organisasi penegakan hak anak di Indonesia.

Baca Juga :  Massa GMKI Demo di Kantor Gubernur Sumut

β€œKami berharap banyak anak-anak khususnya kecamatan Bangko Pusako ini yang ingin bergabung dengan Forum Anak agar kita bisa memperjuangkan hak-hak anak yang belum terpenuhi terlebih khususnya Rokan Hilir ini,” kata Zulfia. Minggu (3/11).

Lanjutnya, Forum Anak Nasional fokus pada peningkatan kapasitas anak di bidang penanaman nilai-nilai luhur budaya bangsa, nasionalisme, patriotisme, serta pengembangan karakter bangsa (nation character building), yang disampaikan dalam suasana bermain, partisipatif dan rekreatif berdasarkan tema-tema yang ditentukan.

Sementara Camat Bangko Pusako Bukhori, mengucapakan terimakasih kepada pengurus Forum Anak Nasional Rokan Hilir yang ikut menyambut HUT Bangko Pusako dan ia juga mengatakan bahwa Forum Anak merupakan sesuatu yang sangat penting sebagai wadah partisipasi anak untuk terlibat langsung dalam memajukan pembangunan.

Baca Juga :  Rakernis,Kapolri Meminta Seluruh Divisi Polri Kuatkan Transformasi

“Diwadah ini mari kita bersama sama memberikan perhatian terhadap hak hak anak, sebagai generasi mendatang yang lebih berahlak mulia dan mendapatkan pendidikan yang layak,” ujarnya. Minggu (3/11).

Forum Anak Nasional (FAN) adalah organisasi anak yang dibina oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak diseluruh Indonesia dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak.

Terlebih Forum anak dapat juga diartikan sebagai pertemuan anak-anak dari berbagai kelompok untuk membicarakan sesuatu hal. Forum ini dikembangkan pada setiap jenjang administrasi pemerintahan seperti Kelurahan, Desa, Kawasan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga tingkat Nasional. (Taufik Saragih)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews