Bupati Asahan Resmi Tutup MTQ Ke-51 Tingkat Kabupaten

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Asahan (HPN) – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan resmi ditutup oleh Bupati Asahan Surya, yang di gelar di Lapangan Bola Kaki Divisi I Kuala Piasa Kecamatan Tinggi Raja. Sabtu (15/02/2020) malam.

Hadir pada acara penutupan tersebut,
Ketua DPRD dan Forkopimda Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Asisten, OPD, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Camat se-Kabupaten Asahan, Ketua MUI, Dewan Hakim, serta ribuan masyarakat.

Berdasarkan laporan panitia MTQ ke 51 tingkat Kabupaten, John Hardi Nasution yang sekaligus sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesra mengatakan, bahwa kegiatan MTQ ke-51 telah dilaksanakan selama 5 hari dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang menggema di angkasa salah satu Kecamatan di Bumi Rambate Rata Raya dan alunan ayat nan ciptaan sang maha karya.

“5 hari sudah pelaksanaan MTQ Ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan digelar di Kecamatan Tinggi Raja, 5 hari sudah lantunan ayat suci Al Quran menggema di angkasa salah satu Kecamatan di Bumi Rambate Rata Raya. 5 hari sudah cakrawala tersenyum menikmati alunan ayat nan indah ciptaan Sang Maha Karya. Pelaksanaa MTQ berjalan dengan baik dan lacar. Dan peserta yang mendapat predikat terbaik dari 5 cabang yang dipertandingkan dalam MTQ kali ini akan diganjar dengan hadiah berupa piagam penghargaan, trophy dan uang tunai,” ujar Jhon Hardi.

Dalam kata sambutan Bupati Asahan Surya, mengingatkan tentang pentingnya memaknai isi dan kandungan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dalam membangun kehidupan sosial yang bermartabat.

“Pelaksanaan MTQ merupakan wahana untuk memacu pengembangan tilawah, hafalan dan pendalaman isi Al-Qur’an serta sarat dengan syiar Islam yang tidak boleh berhenti disini tanpa meninggalkan bekas dan pengaruh di tengah masyarakat.” kata Bupati Asahan.

Baca Juga :  Kejuaraan Sepeda BMX Cross Sumut Dimulai

Lanjutnya, peserta MTQ adalah mutlak putra-putri Asahan yang berdomisili di Kabupaten Asahan, dan bagi peserta MTQ yang potensial akan bersedia dan wajib mengikuti Training Center (TC) secara keseluruhan.

“Kepada pemenang terbaik 1 dari cabang Tilawatil Qur’an golongan dewasa putera dan puteri serta cabang Hifzil Qur’an golongan 30 juz putra dan putri akan diberikan Ongkos Naik Haji (ONH), dengan ketentuan jika sudah pernah menjadi terbaik 1 dalam event MTQ 9 tahun terakhir tidak, diperkenankan mendapat ONH lagi.” terang Suryam

Bupati Asahan berpesan, kepada kafilah yang belum berhasil meraih prestasi dalam event MTQ ini, agar terus berlatih dan memacu diri untuk berprestasi di kesempatan lainnya. “kepada kafilah yang menang maupun yang kalah, saya berpesan agar semangat bermusabaqah untuk meraih penghargaan hendaknya tidak menggeser niat ikhlas kita untuk meningkatkan syiar Islam dan membudayakannya dalam kehidupan.” pesannya.

Juga tak lupa, Bupati Surya sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah tulus dan ikhlas membantu mensukseskan MTQ Ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan. “Saya ucapkan terima kasih kepada panitia, dewan hakim dan seluruh pihak yang telah mensukseskan MTQ tahun ini, terkhusus kepada Bapak Suwono yang dengan tulus menyediakan pemondokan bagi dewan hakim.” ucap Dia.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Asahan juga sedikit menguraikan pengalaman pribadinya kala diundang menghadiri pertemuan di Istana Wakil Presiden RI. “Kala itu, saya kagum dengan sajian yang dihidangkan saat pertemuan di Istana Wapres RI. Walaupun hanya pisang rebus, jagung dan ubi kayu namun disajikan dengan nilai estetika dan nilai gizi yang baik.” cerita Surya.

Baca Juga :  Anggota BPD Karang Mulya Dilantik

Ia juga secara pribadi menyampaikan permohonan maaf kepada Dewan Hakim dan seluruh kafilah bila dalam pelaksanaan MTQ kali ini terdapat kekurangan dan ketidaknyamanan baik dalam hal konsumsi maupun pemondokan. “Saya mengangkat jari sepuluh, memohon maaf atas kesalahan dan kekurangan yang terjadi selama pelaksanaan MTQ kali ini, semoga kedepan perhelatan MTQ dapat lebih baik dari tahun ini.” ungkapnya.

Sebelum penyampaian pengumuman pemenang MTQ, Ketua Dewan Hakim mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan atas fasilitas yang diberikan selama pelaksanaan MTQ. “Alhamdulillah kami tidak merasa ada kekurangan baik fasilitas primer maupun sekunder, bahkan kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Asahan dan Panitia Pelaksana atas fasilitas yang diberikan selama pelaksanaan MTQ.” ujar Ketua Dewan Hakim.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Dewan Hakim dan panitia pelaksana yang telah bekerja dengan sepenuh hati demi mensukseskan MTQ Ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pembacaan keputusan Dewan Hakim yang dibacakan oleh Ketua Dewan Hakim Salman Abdullah Tanjung, didampingi Sekretaris Dewan Hakim H. Mahmuddin (foto terlampir). Dan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah oleh Bupati Asahan beserta undangan kepada pemenang. (Bangun)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews