Biddokes Polda Lampung Sosialisasi COVID-19 di Polres Tuba

0
142
Foto: Humas Polres Tuba.

Tulang Bawang (HPN) – Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Lampung melakukan sosialisasi tentang Virus Corona (COVID-19), sekitar pukul 09.00 WIB, bertempat di gedung serba guna (GSG) Wira Satya Mapolres Tulang Bawang. Kamis (19/03/2020).

Tim tersebut diketuai oleh AKBP. Bettiy Luvieta M, yang beranggotakan dr. Arini Ifada, Bripka. Iwan Jepri, Bripka. AF. Pasaribu dan Bripka. Rahma Henug.

Wakapolres Kompol. Eko Nugroho, mewakili Kapolres Tulang Bawang AKBP. Andy Siswantoro, yang mendampingi tim dalam melaksanakan sosialisasi mengatakan, ucapan selamat datang kepada Ketua Tim beserta rombongan dari Biddokkes Polda Lampung.

“Saya ucapkan selamat datang kepada AKBP. Bettiy selaku Ketua Tim dan rombongan di Polres Tulang Bawang dan kami memohon maaf apabila dalam penyambutan ini terdapat kekurangan,” ujar Wakapolres.

Lanjutnya, diharapkan kepada seluruh peserta sosialisasi yang mengikuti kegiatan ini terutama Bhabinkamtibmas, nantinya dapat menyampaikan kepada warga apa itu Virus Corona (COVID-19) dan bagaimana cara pencegahannya, karena mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

Baca Juga :  Winarti Cek Kesiapan Fasilitas di RSUD Menggala

Ditempat yang sama, AKBP. Bettiy Luvieta M, dalam sambutannya mengatakan, di Provinsi Lampung saat ini sudah ada pasien yang positif terkena Virus Corona (COVID-19), untuk itu kita semua tidak perlu takut dan panik.

“Rata-rata pasien yang terpapar Virus Corona (COVID-19) ini, karena kontak langsung sebelumnya dengan pasien yang sudah positif terkena virus,” terang AKBP. Bettiy.

Sementara dr. Arini Ifada yang melakukan presentasi tentang Virus Corona (COVID-19) mengatakan, virus ini pertama kali dilaporkan sebagai Pneumonia Misterius di Wuhan, China, 31 Desember 2019.

“Pneumonia adalah peradangan di paru-paru yang disebabkan oleh virus/bakteri/jamur,” terangnya.

Virus Corona (Covid-19) merupakan Virus Influenza yang bermutasi dan menyerang saluran nafas bawah, menimbulkan Sekret Kental sehingga mengakibatkan gangguan nafas pada pasien yang terkena virus ini.

Ia menambahkan, adapun ciri-ciri mendasar pasien yang terkena Virus Corona (COVID-19) dengan gejala-gejala klinis seperti demam, batuk-batuk, pernafasan cepat taknormal, dahak kental (kuning-kehijauan), anggota tubuh lemas dan sinar-X pada paru-paru.

Baca Juga :  Status PDP Warga Asahan Meninggal 1 Orang

“Penyebaran Virus Corona (COVID-19) dari individu terinfeksi dapat terjadi melalui penularan percikan air liur (droplet) dari batuk dan bersin, kontak dekat seperti menyentuh dan jabat tangan, menyentuh objek atau permukaan yang terkontaminasi virus, kemudian menyentuh mulut, hidung atau mata dan kontaminasi feses (jarang),” terang dr. Arini.

Virus Corona (COVID-19) dapat menempel pada tangan, pegangan pintu, pegangan karet, bolpoint, perangkat digital, tissue, alat makan, gelas dan pegangan tangan.

Dan Virus Corona (COVID-19) ini dapat dicegah dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh, mencuci tangan secara rutin, menghindari menyentuh mata, hidung atau mulut, etika batuk dan bersin, makan makanan bergizi, olahraga teratur, istirahat yang cukup dan masak produk hewan sampai matang.

“Untuk Provinsi Lampung ada 4 Rumah Sakit (RS) Rujukan untuk pasien yang terkena Virus Corona (COVID-19) yaitu RS Abdul Moeloek Bandar Lampung, RS Achmad Yani Metro, RS Bob Bazar Lampung Selatan dan RS Ryacudu Lampung Utara.” tutup dr. Arini. (AW/rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here