Yayasan Telaga Sunnah Dukung Pendidikan Anak Bangsa

0
438
Foto: Ilustrasi.

Tulang Bawang (HPN) – Sebuah Yayasan merupakan suatu badan hukum yang mempunyai maksud dan tujuan bersifat sosial, keagamaan dan kemanusiaan, didirikan dengan memperhatikan persyaratan formal yang ditentukan dalam Undang-undang.

Seperti Yayasan Telaga Sunnah, yang telah didirikan oleh 3 (tiga) orang. Diantaranya,
Arnan Jaya, M. Amiruddin, dan Luqman Hidayat, diketahui ketiganya berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), yang mempunyai tekat untuk membangun Yayasan tersebut.

Cikal bakal berdirinya Yayasan ini sejak tahun 2016, dengan modal awal berupa hibah tanah, bersumber dari Arnan Jaya, yang beralamatkan di Kampung Tri Mukti Jaya, Kecamatan Banjar agung, Kabupaten Tulang Bawang, lalu di tahun 2017 mendapat hibah tanah seluas sekitar 5 ha, dari keluarga Tomo (mbah), dimana letak tanahnya berada di Kampung Agung Dalem, Kecamatan Banjar Margo.

Baca Juga :  Polri Peduli Penghijauan, Polres Tuba Tanam 5000 Pohon

Seterusnya, tanah yang dihibahkan oleh keluarga Tomo (mbah), dijadikan senagai Pondok khusus putra, dengan jumlah santri TK IT 50, SDIT 150, dan SMP. IT baru angkatan pertama sebanyak 25 orang, untuk TK, SD, tidak diasramakan, sedangkan SMP wajib asrama, yang kemudian diberi nama, TK, SD, SMP IT Telaga Sunnah.

Selain itu, Pondok Pesantren (ponpes) Tahfidz Khusus Putri, yang berada di unit 3, dengan jumlah Santriwati saat ini sebanyak 65 orang, dengan diberi nama Pondok Pesantren Putri Ma’had Jamaal al haddad.

Adapun pembangunan berupa fasilitas tersebut, ialah murni bersumber dari bantuan Donatur, untuk selanjutnya dikelola oleh Yayasan Lajnah Musytarokah Jakarta, yang berasal dari para Muhsinin dari kuwait. Dengan demikian, Pondok ini merupakan pondok Ahlussunnah, yang menjunjung tinggi, taat pada Allah, taat pada Rasululloh, dan taat pada Undang-undang Pemerintah, sejatinya turut serta dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) melalui bidang Pendidikan.

Baca Juga :  Heboh!!! Aksi Heroik Anggota Polres Tuba Tertangkap Kamera

Tentunya dalam hal ini, terkait Izin pendirian Yayasan, Izin operasional TK, SD tentunya sudah dalam kepengurusan.

Ditahun 2019 lalu, tepatnya di bulan suci ramadhan, Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an khusus Putri Jamal Yusuf Al haddad, Kecamatan Banjar Agung, dijadikan tempat safari Ramadhan oleh Bupati Tulang Bawang Winarti.

“Jadi bantuan yang ada harus ada cost sharing (biaya tambahan) dari kita, baik dana maupun tenaga, agar pembangunan yang ada bisa optimal.” ujar Arnan melalui pesan singkat WhatsApp. Senin (23/11). (AW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here