Bupati Way Kanan Sambut Kunjungan Kerja Kepala BNN Provinsi Lampung

Foto, Bupati Way Kanan Sambut Kunjungan Kerja Kepala BNN Provinsi Lampung

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Way Kanan-(HPN)-Β  Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya, menyambut Kunjungan Kerja (Kunker) Kepala BNN Provinsi Lampung, Brigjen Pol.Edi Swasono beserta jajaran, bertempat di Ruang Rapat Utama Pemkab Setempat, Rabu (01/09/2021).

Pada acara itu juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati Ali Rahman, Forkopimda, Sekda Saipul, Kepala/Unsur Kesbangpol, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Dinas Kesehatan, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Dalam Sambutannya Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, menyampaikan Pemerintah Kabupaten Way Kanan sangat mendukung upaya Pemerintah Pusat untuk menindak tegas peredaran Narkoba. Sebagaimana Instruksi Presiden RI Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika Tahun 2020-2024.

Melalui Instansi terkait, selama ini kami sering melaksanakan penyuluhan-penyuluhan arti bahayanya penyalahgunaan narkoba baik kepada pelajar, pemuda dan masyarakat luas. Selain itu juga kami melaksanakan tes urine bagi pegawai negeri sipil, sebelum dilantik menjadi pejabat,” Ucapnya.

Bahkan saya mewajibkan bagi seseorang yang akan maju mengikuti pemilihan kepala kampung untuk melaksanakan Tes Urine. Hal tersebut bertujuan agar aparatur pemerintah dilingkungan Pemkab Way Kanan, betul-betul terbebas dari Narkoba”, Ujarnya Bupati Raden Adipati Surya.

Baca Juga :  Pemkab WK Rakor Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

Dengan menggunakan pengantar sambutan Bahasa Lampung Way Kanan sesuai SE Bupati Way Kanan Nomor 060/59/1-II/WK/2017 tanggal 25 April 2017 tentang Ketentuan Penggunaan Bahasa Lampung Way Kanan setiap Hari Rabu sebagai bentuk pelestarian Bahasa Daerah.

Lanjutnya Bupati yang akrab disapa Adipati, pada kesempatan itu juga memberikan gambaran terkait Kabupaten Way Kanan yangn terdiri dari 15 Kecamatan, 221 Kampung dan 6 Kelurahan. Dimana pada Tahun 2021 dari 221 Kampung sudah tidak ada lagi Kampung dengan kategori sangat tertinggal, Kampung tertinggal sudah berkukrangdari 21 Kampung, menjadi 19 Kampung.

Sehingganya kampung yang berkembang dari semula 180 kampung berkurang menjadi 172 kampung, itupun kampung kategori maju sudah bertambah menjadi 29 Kampung dari sebelumnya 20 kampung dan sudah ada 1 kampung mandiri,” Jelasnya.

β€œPenduduk Kabupaten Way Kanan Tahun 2020 berjumlah 473.575 jiwa dengan Jumlah Penduduk Usia Produktif (15-64 tahun) merupakan kelompok usia yang paling besar yaitu 68,84% dari Penduduk Way Kanan, hal tersebut menunjukkan bahwa Kabupaten Way Kanan sudah memasuki era β€œBonus Demografi” yang akan menjadi berkah jika angkatan kerja produktif yang mendominasi jumlah penduduk bisa terserap pada pasar kerja secara baik. Namun sebaliknya, bonus demografi menjadi bencana demografi jika angkaran kerja tidak terserap pasar kerja dengan baik.

Baca Juga :  Polsek Baradatu Waykanan Amankan Pelaku Curat

Sementara itu kondisi perekonomian Way Kanan selama periode 2016-2020 rata-rata tumbuh 3,88% dan pada tahun 2020 Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) ADHB sudah mencapai 14,03 Triliun Rupiah dengan PDRB perkapita sudah mencapai Rp 30.925.573,”Terangnya.

Selain itu juga untuk kesejahteraan masyarakat semakin membaik, terlihat dari menurunnya angka kemiskinan yang pada Tahun 2016 angka kemiskinan sebesar 14,58% menurun menjadi 12,90% pada Tahun 2020. Dalam tata kelola Pemerintahan dibidang pengelolaan keuangan telah diraih WTP dari BPK RI selama 11 Tahun berturut-turut,”Paparnya.

Sedangkan terkait dengan pelayanan publik saat ini sudah berada pada Zona Hijau dengan Nilai 97,12 berada di Peringkat 4 Kabupaten seluruh Indonesia dan Peringkat 1 se-Sumatera dan kualitas pengawasan APIP pada level 3.Β  (Z)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum