LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG TENGAH – PROVINSI LAMPUNG

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Selasa, 28 September 2021, Jam 13.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi, dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Tema besar webinar MEMAHAMI PENTINGNYA DIGITAL DATA PRIBADI oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Pembahasan tentang literasi digital sebagai saran meningkatkan pengetahuan akan warisan budaya. Apa yang disebut budaya digital, literasi digital, pengetahuan, budaya, budaya digital merupakan hasil visi pikir dan karya manusia yg ditetapkan secara digital. Bentuknya komodifikasi, konsumersime, dan masih banyak lagi. Manfaat literasi digital yaitu menghemat waktu, belajar lebih cepat, menghemat uang, membuat lebih aman, senantiasa mendapatkan informasi terkini, dan lain-lain. Point penting literasi digital antara lain kemampuan, ketepatan pemahaman, asal pengetahuan, apriori, aposteriori, informasi. Budaya hal yang berkaitan dengan budi pekerti manusia, warisan budaya benda, permasalahan yang terjadi, kelebihan informasi, citra mengganti realitas tergerus budaya lokal, tingkat literasi rendah di indonesia, dan menjaga melestarikan budaya indonesia, menurut Abdi Prima Yoga Ketua DEMAN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Periode 2019-2020.
Chika Audika,. S. I. A Co-Founder & CMO Of Bicara Project mengatakan dunia maya dan rekam jejak digital. Rekam jejak di era digital, dunia maya dan dunia nyata adalah dunia yang berbeda namun keduanya kita jalani bersamaan dan di dalam dunia maya ada rekam jejak digital product digital dimana ada jejak digital, twitter, instagram, facebook, tiktok, Waq youtube dan masih banyak. Rekam digital yang baik yaitu, mengunggah konten dan komentar positif, memutus tali hoaks, menjaga penyebaran data diri, manfaat rekam jejak digital yg baik, menciptakan branding, memperluas koneksi, dan membuka peluang bisnis. Key Opinion Leader Ferry Beat seorang Beatbox & Influencer yang membagikan pengalamannya dalam memahami pentingnya digital pribadi betapa pentingnya bijak di kolom komentar diantaranya berikan komentar sesuai konteks permasalahan, jangan mengungkit hal diluar permasalahan, hindari menyerang pribadi orang- orang, gunakan bahasa yang sopan dan bijak, hargai pendapat orang lain, pikirkan kembali sebelum berkomentar atau lebih baik diam.

Baca Juga :  Kota Metro Meraih Penghargaan Swasti Saba KKS

 

Dilaporkan oleh : safril