LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG TENGAH – PROVINSI LAMPUNG

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Tengah-(HPN)- Rabu, 27 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB, Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Lampung, Ir. H. Arinal Djunaidi menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar MASYARAKAT DIGITAL, yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Chika Audhika, S.I.A CMO of Bicara Project membahas tentang mendeteksi keamanan digital di media sosial. Menurut data dari Patroli Siber, bentuk kejahatan siber tertinggi adalah penipuan online, pornografi dan akses ilegal.

Baca Juga :  Dinas Kesehatan Mengucapkan Dirgahayu Tuba Ke-22

Agar aman, lakukan 5P yaitu Pembatasan data pribadi, Pantang meminjamkan gadget pribadi, Perkuat password, Perhatikan permission dan Pelaporan.

Sementara Asti Miftahul Jannah, Ketua Bidang Women Enterpreuner GKN Lampung memaparkan untuk bijak sebelum menggugah di media sosial.

Ada 3 prinsip menggugah konten di media sosial yaitu tidak merugikan diri sendiri dan orang lain serta tidak melanggar hukum.

Berikan komentar sesuai dengan kontek permasalahan, jangan menyerang pribadi seseorang, gunakan bahasa yang sopan, hargai pendapat orang lain dan tidak menyebarkan hoax., “Jelasnya.

Aspek Budaya Digital menurut Irma Hayuza, Owner Henna Art Lampung yaitu participation (bekerjasama), remediation (merubah budaya lama menjadi baru) dan bricolage (memanfaatkan hal yang sudah ada menjadi bentuk baru). Budaya yang dipengaruhi oleh digitalisasi yaitu cara berkomunikasi, berpakaian, gaya hidup dan gaya bahasa., “Ujarnya.

Baca Juga :  Raker DPW SPI Lampung, Edi Samsuri: SPI Siap Sejalan Dengan Kebijakan Pemerintah

R. Daniel Wisnu W, S.Ip.,M.F.Tv Lecture Videographer dan Film Maker memberikan tips cara membuat konten yang menarik. Tips pertama adalah kuasai peralatan yang dgunakan (kamera, handphone atau komputer), lalu pelajari teknik foto dan video (angle camera, komposisi dan sebagainya). Ada beberapa jenis genre konten antara lain podcast, motion digital picture, foto, video dan video design grafis.

Key Opinion Leader oleh Ichal Faisal seorang Broadcaster yang menjadi penutup webinar dengan menjelaskan bahwa masyarakat digital adalah tidak hanya paham tentang sekilas internet saja tapi juga harus mengenal tentang etika berinternet, jenis dan fitur keamanan internet, budaya internet dan semuanya ada di literasi digital. Gunakan internet dan media sosial yang bermanfaat bagi diri sendiri (menghasilkan uang dan citra diri), bagi masyarakat dan bagi bangsa. Jum’at, (29/10/21) (*)

Dilaporkan oleh : safril