Halopaginews.comRabu, 27 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang DAMPAK POSITIF BERMEDIA SOSIAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Saat ini, setidaknya ada sekitar 30 juta anak dan remaja di Indonesia yang menjadi pengguna internet aktif. Internet sendiri memiliki dampak positif dalam meningkatkan konektivitas. Dampak positif dari penggunaan internet antara lain, mudah dalam berkomunikasi, mudah dalam pencarian informasi, mudah transaksi bisnis, mudah belajar atau bekerja jarak jauh, dan banyak layanan umum, termasuk layanan pemerintah. Tips aman berinternet yaitu, cek dulu profil orang yang mengirimkan permintaan teman kepada kamu dan cari tahu siapa mereka. Ketika kamu terima permintaannya, itu sama saja kamu membuka akses untuk orang tersebut. Jangan merasa tidak enak untuk menerima permintaan follback dari orang yang tidak kita kenal. Pikirkan baik-baik apa yang kamu bagikan dengan siapa saja. Jangan membagikan informasi pribadi, seperti alamat, nomor telepon, plat no kendaraan atau data bank, dan pastikan jangan pernah membagikan kata sandimu kepada siapapun, menurut Poppy Sovia sebagai Aktris.
Media sosial sebagai sarana meningkatkan toleransi, masyarakat Indonesia yang dulu dikenal ramah dan santun menjadi mudah marah, yang dulu guyub dan suka musyawarah menjadi manusia yang egois dan menang sendiri. Bahkan medsos juga untuk menyuarakan narasi-narasi negatif seperti intoleransi, radikalisme, terorisme, dan ekstremisme. Sebagai warga negara yang baik dan pelajar yang cerdas, gunakanlah media sosial dengan bijak antar suku, ras, agama jangan sampai ada kalimat yang menyinggung sesama bangsa, tutur R. Surya Damayanti, M.Pd sebagai Kepala SMAN 1 Kota Gajah. Key Opinion Leader oleh Tenny Clemenstine sebagai Influencer menambahkan, media sosial memang memiliki banyak dampak positig, seperti untuk pembelajaran, untuk berkomunikasi, mencari informasi, dan lain-lain. Namun, jika kita tidak menggunakan media sosial secara baik dan benar kita juga akan terkena dampak negatifnya, seperti cyber bullying, banyak informasi hoaks, berkurangnya kreativitas, dan lain-lain.

Baca Juga :  LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG TENGAH – PROVINSI LAMPUNG

Jumat, 29/10/21

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here