Halopaginews. Com. Selasa, 16 November 2021, Jam 09.00 WIB
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.
Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc Dirjen Aplikasi Kominfo menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar MENJADI CERDAS DI ERA DIGITAL, yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.
Guru diberikan tantangan untuk menghadapi para generasi Alpha dimana mereka lahir di jaman teknologi digital. Seperti yang dijelaskan oleh Drs. Parendangan, M.Pd Kepala SMAN 10 Padang, bahwa tuntutan generasi Alpha antara lain serba mudah dijangkau, serba canggih teknologi, serba aktratif, utility oriented, fragmantis, instan dan kebebasan. Guru harus memanfaatkan dan mengembangkan pembelajaran yang relevan sesuai tuntutan gen Alpha tersebut, yaitu menggunakan edlink, zoom meeting, microsoft team dan sebagainya. Ahmad Mutoi, S.Pd.I Sekretaris Komunitas Aktivis Muda Lampung juga menjelaskan agar kita cerdas untuk menghadapi ancaman di dunia maya antara lain ilegal fishing, radikalisme, separatisme, pornografi, hoax, cyberbulliying, hacking dan sebagainya dengan cara meningkatkan wawasan kebangsaan yang berdasarkan UUD 45 dan Pancasila melalui literasi digital.
DR. Hj.Heni Noviarita, S.E.,M.Si Wakil Dekan Fakultas Ekonomi UIN Raden Intan Lampung mengajak untuk cerdas juga dalam bermedia sosial yaitu dengan cara saring sebelum sharing, komentar dengan bijak dan santun, hargai karya dan pendapat orang lain, hindari hoax, jaga data pribadi, selalu hati hati dengan penipuan online dan jangan sampai terjerat UU ITE. Ahmad Mustakim, Jurnalis Media Digital menambahkan dalam pemaparannya agar menjadikan internet positif dengan melakukan beberapa hal antara lain selalu mengikuti aturan dan etika, menghindari dan melaporkan kejahatan siber, menjaga dan melestarikan budaya Bangsa melalui literasi digital serta menjaga citra diri yang positif dalam berinternet. Webinar diakhiri oleh pembahasan Key Opinion Leader yang dilakukan oleh Adit musisi Elemen Band. Adit menekankan agar kita sebaiknya meningkatkan pemahaman dan kemampuan literasi digital agar dapat berkembang dan bersaing secara positif dalam melakukan komunikasi, interaksi, transaksi maupun menciptakan karya terbaik melalui teknologi digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here