LITERASI DIGITAL KABUPATEN WAY KANAN – PROVINSI LAMPUNG

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Halopaginews.com Kamis, 18 November 2021, Jam 09.00 WIB
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.
Gubernur Provinsi Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar MENJAGA DAN MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.
Era digital menawarkan beragam ancaman dan kesempatan maka penting bagi orang tua mengembangkan model pengasuhan yang bertujuan menghindarkan anak dari ancaman dan memaksimalkan potensi digital. Raseno Arya, S.E, M.M Asdep Pariwisata 2015-2018 Pemerhati Pariwisata mengatakan kejahatan umum yang dilakukan di media sosial salah satunya adalah ancaman online (online threats), penguntit (stalking), penindasan dunia maya (cyber bullying). Apriansyah, S.H memaparkan tips lain untuk menghindari berita hoaks diantaranya lihat sumber pengirim pesan dan cari informasi yang relevan dan terpercaya.

Baca Juga :  Akibatkan Kecelakaan, Warga Keluhkan Jalan Raya Gunung Sakti Selalu Tergenang Banjir Saat Hujan

Ahmad Syahbuddin, S.E Penggiat Sosial Media menjelaskan pembatasan kebebasan berekspresi harus diatur dalam undang – undang, dikomunikasikan dengan jelas, dan bisa dipahami oleh lapisan masyarakat.Pembatasan berdasarkan asumsi atau perkiraan akan adanya ganguan publik bukan alasan sah untuk membatasi kebebasan berekspresi. Tri Hanifah, M.Pd.I Guru Pembina Literasi sekolah mengatakan era baru ditandai dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang melintasi dunia dalam sekejab. Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Adhietya Mukti sebagai Musisi yang memberikan sharing session, menjaga dan mendidik anak di era digital. Teknologi digital membawa beberapa perubahan penting dalam kehidupan manusia, maka orang tua perlu memahami bentuk-bentuk perubahan itu agar dapat memandu anaknya.

Dilaporkan oleh : safril