Jelang Idul Adha, Wabup Lampura Berharap Warga Punya Sapi Agar Vaksin Penyakit PMK

Foto, Wabup Lampura

| ๐•ฟ๐–Š๐–—๐–Ž๐–’๐–†๐–๐–†๐–˜๐–Ž๐– ๐•ต๐–†๐–‰๐–Ž ๐•ป๐–Š๐–’๐–‡๐–†๐–ˆ๐–† ๐•พ๐–Š๐–™๐–Ž๐–†.

Klik Gambar

KOTABUMI-(HPN)– Untuk memastikan kesehatan hewan jelang hari raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten Lampura melakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Dusun Sukajadi, Desa Sukamaju, Kecamatan Abung Semuli, Kamis (30/6/2022).

โ€ŽMemang penyakit ini bukanlah penyakit yang membahayakan bagi manusia, PMK dapat menimbulkan kematian pada ternak sapi, oleh karenanya kami ingin memastikan bahwa hewan -hewan ternak di Lampung Utara terbebas dari PMK.

Wakil Bupati Ardian Saputra, langkah antisipasi merupakan hal yang wajib dilaksanakan karena sebentar lagi akan menghadapi hari raya Idul Adha. Hewan – hewan ternak seperti sapi menjadi salah satu hewan kurban yang paling diminati oleh warga. Dengan antisipasi vaksinasi ini diharapkan hewan – hewan tidak tertular PMK.

Baca Juga :  Diduga Memukul Wartawan, Oknum Guru SD Talang Pengaringan, Resmi di Laporkan ke Polisi

“โ€ŽSejatinya vaksinasi yang dilakukan kali ini adalah yang ketiga, namun memang peluncurannya secara resmi dilakukan hari ini,” jelas Wabup.

Disisi lain, โ€ŽAsisten III Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara, Sofyan menjelaskan, sejauh ini telah ada 3-4 kabupaten di Lampung yang telah terpapar PMK. Namun, untungnya, Lampung Utara tidak termasuk kedalamnya.

Kendati demikian, berdasarkan informasi, sejumlah hewan ternak di beberapa desa telah menunjukkan gejalannya kearah sana. โ€ŽInilah mengapa harus dilakukan vaksinasi pada hewan – hewan ternak. โ€ŽAdapun jumlah vaksin PMK yang telah diterima di Kab. Lampung Utara dari Pemprov Lampung adalah 3.500 dosis.

Baca Juga :  Puskesmas Kalibalangan Lakukan Penyuluhan Keliling

“Dan yang telah terdistribusikan ada 600 dosisโ€Ž, belum termasuk pelaksanaan hari ini. Vaksinasi โ€Žtelah dilakukan diantaranya di kecamatan. Kotabumi, Abung Surakarta, Kotabumi Selatan, dan Abung Semuli. Kita optimis 3.500 dosis vaksin yang diterima akan selesai divaksin kan s/d 5 Juli 2022, mengingat populasi ternak sapi Lampung Utara lebih dari 30.000 ekor,” pungkasnya. (Jauhari)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum