Jelang Idul Adha, Wabup Lampura Berharap Warga Punya Sapi Agar Vaksin Penyakit PMK

Foto, Wabup Lampura

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

KOTABUMI-(HPN)– Untuk memastikan kesehatan hewan jelang hari raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten Lampura melakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Dusun Sukajadi, Desa Sukamaju, Kecamatan Abung Semuli, Kamis (30/6/2022).

‎Memang penyakit ini bukanlah penyakit yang membahayakan bagi manusia, PMK dapat menimbulkan kematian pada ternak sapi, oleh karenanya kami ingin memastikan bahwa hewan -hewan ternak di Lampung Utara terbebas dari PMK.

Wakil Bupati Ardian Saputra, langkah antisipasi merupakan hal yang wajib dilaksanakan karena sebentar lagi akan menghadapi hari raya Idul Adha. Hewan – hewan ternak seperti sapi menjadi salah satu hewan kurban yang paling diminati oleh warga. Dengan antisipasi vaksinasi ini diharapkan hewan – hewan tidak tertular PMK.

Baca Juga :  Program Magister Hukum, Universitas Muhammadiyah Kotabumi Resmi di Buka

“‎Sejatinya vaksinasi yang dilakukan kali ini adalah yang ketiga, namun memang peluncurannya secara resmi dilakukan hari ini,” jelas Wabup.

Disisi lain, ‎Asisten III Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara, Sofyan menjelaskan, sejauh ini telah ada 3-4 kabupaten di Lampung yang telah terpapar PMK. Namun, untungnya, Lampung Utara tidak termasuk kedalamnya.

Kendati demikian, berdasarkan informasi, sejumlah hewan ternak di beberapa desa telah menunjukkan gejalannya kearah sana. ‎Inilah mengapa harus dilakukan vaksinasi pada hewan – hewan ternak. ‎Adapun jumlah vaksin PMK yang telah diterima di Kab. Lampung Utara dari Pemprov Lampung adalah 3.500 dosis.

Baca Juga :  Pisah Sambut Kepala Kejari Kotabumi Lampung Utara

“Dan yang telah terdistribusikan ada 600 dosis‎, belum termasuk pelaksanaan hari ini. Vaksinasi ‎telah dilakukan diantaranya di kecamatan. Kotabumi, Abung Surakarta, Kotabumi Selatan, dan Abung Semuli. Kita optimis 3.500 dosis vaksin yang diterima akan selesai divaksin kan s/d 5 Juli 2022, mengingat populasi ternak sapi Lampung Utara lebih dari 30.000 ekor,” pungkasnya. (Jauhari)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum