Pindang Baung, Kasat Binmas Berkunjung ke Rumah Makan Yolanda, Desa Kota Raman

Foto, Pindang Baung, Kasat Binmas Berkunjung ke Rumah Makan Yolanda, Desa Kota Raman

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Kasat Binmas Polres Lampung Timur Akp Suryadinata,SH,.Kunjungi Rumah Makan Yolanda, lokasi tempat di Pasar Kota Raman, Kecamatan Raman Utara, Kabupaten Lampung Timur, Hari Senin (18/07/22).

Para penggemar kuliner masakan yang khas dari Sumatera Selatan tentunya menu pindang ini sudah tidak asing lagi didengar. Pada daerah asalnya sana menu pindang ikan memiliki ciri khasnya.

Ke daerah Lampung Timur yaitu ke Desa Kota Raman Utara, rasanya kurang lengkap bila tidak mencicipi Pindang Baung. Cita rasa gurih dan segar membuat beberapa orang menyamakan pindang ikan ini dengan hidangan pindang baungnya dan ada berbagai macam khas makanan.

Foto, Kasat Binmas dan Bhabinkamtibmas Polsek Raman Utara
Foto, Kasat Binmas dan Bhabinkamtibmas Polsek Raman Utara

Hal itu disampaikan Kasat Binmas Polres Lampung Timur Akp Suryadinata, untuk hidangan pindang dalam kuliner Lampung identik dengan ikan, lantaran daerah yang berada di ujung selatan pulau Sumatera ini mempunyai banyak sungai.

Baca Juga :  Polres Lampung Timur Gelar Upacara Pemakaman Purnawiran Polri

Makanan dari Lampung banyak yang terbuat dari ikan, termasuk empek-empek Lampung. “Nah, Pindang Baung sendiri komponen utamanya adalah ikan darat yang hidup di perairan muara sungai. Dia sejenis Lele atau Gabus dengan tekstur daging yang tebal dan lembut,” terang Suryadinata.

Selain bahan utamanya, pindang khas Lampung kata dia memiliki cita rasa yang berbeda dengan hidangan pindang pada umumnya. Racikan bumbu yang terdiri dari cabai merah, serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk, bawang merah, bawang putih, dan kunyit menghadirkan cita rasa gurih pedas dengan aroma rempah yang kuat. “Pindang Baung itu tidak ada di tempat lain dan hanya ada di Lampung. Itu khasnya, jadi wajib dicoba,” kata dia.

Untuk harganya sendiri lanjut dia cukup terjangkau. Mulai dari Rp35.000 sampai Rp50.000 saja. “Biasanya dengan harga segitu kita sudah dapat nasi, pindang baung, lalapan, dan sambal,” ucapnya

Baca Juga :  Wakil Bupati Lamtim Azwar Hadi, Hadiri Pelantikan DPC AWPI Lampung Timur

Selain pindang khas Lampung yang jarang ditemui di tempat-tempat lain tambah dia adalah tempe penyet yang dipadukan dengan olahan sambal nya mantap ada campuran durian tempoyak. Kombinasi rasa manis dan asam menambah cita rasa yang menggugah selera.  “Apalagi kalau ditambah dengan sedikit perasan jeruk nipis. Enak pol deh pokoknya,” imbuh Kasat Binmas.

Silakan mencoba datang berkunjung kerumah makan Yolanda, yang ada di Desa Kota Raman, Kecamatan Raman Utara, jangan sampai ketinggalan, dengan cita rasanya yang mak yoss, ” Pungkasnya.

Perlu diketahui pemilik Rumah Makan Pindang Baung Yolanda tersebut adalah milik “Pak Bhabinkamtibmas Polsek Raman Utara, Polres Lampung Timur, “Aipda Subasis,SE.SPd. (Eko)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum