SMA N1 Kota Metro Adakan Gelar Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Kota Metro -(HPN)- SMA Negeri 1 Kota Metro Mengadakan Gelar Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan. Kamis (9/3/2023).

Hal ini disampaikan Oleh Tri Nurul Fajarotun, S.Kom.,M.TI Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, bahwa topik projek yaitu pemanfaatan bahan alam untuk kreasi batik ecoprint dan shibori, dimensi profil pelajar pancasila yang diharapkan bisa dicapai peserta didik sebagai pelaksana projek yaitu bernalar kritis, kreatif dan gotong royong,” ujarnya.

P5 ini merupakan bagian dari implementasi Kurikulum merdeka, adapun di SMAN 1 Metro P5 bertema Gaya Hidup Berkelanjutan kali ini merupakan Projek Kedua dimana projek sebelumnya bertema Suara Demokrasi.

Baca Juga :  Paripurna DPRD Kota Metro, Pengambilan Keputusan Bersama Terhadap Raperda APBD TA2021
Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Selain itu, Gelar Karya P5 merupakan bagian dari tahap aksi dalam rangkaian projek Penguatan profil pelajar Pancasila. Adapun tahapan P5 diawali dengan memahami P5, kemudian menyiapkan ekosistem sekolah, mendesain projek P5, mengelola P5, mendokumentasikan serta melaporkan hasil P5, dan yang terakhir adalah evaluasi dan tindak lanjut P5,” paparnya.

Sementara, Dalam Gelar Karya ini seluruh peserta didik kelas X yang berjumlah 304 menampilkan beragam karya dalam bentuk konten video projek setiap kelas, fashion show produk hasil projek dan berbagai unjuk karya kreativitas peserta didik dari setiap kelas,” tuturnya.

Foto, Siswa siswi SMA N1 Kota Metro
Foto, Siswa siswi SMA N1 Kota Metro

Selanjutnya, tujuannya P5 untuk mendorong tercapainya Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis projek disesuaikan dengan tema projek yang di pilih,”jelasnya.

Baca Juga :  Kodim 0411/KM Gelar Upacara Tradisi Purna Tugas Korp Rapot Pindah Satuan Perwira

Dalam rangkaian P5 ini , bapak dan ibu guru pendamping mata pelajaran kelas X mendampingi proses pembelajaran projek, serta menuntun bakat minat peserta didik dalam mengeksplorasi ide dan gagasan hebat mereka dalam rangkaian kegiatan ini,”pungkasnya.

Diketahui, Pembukaan Gelar Karya P5 di SMAN 1 Metro di hadiri oleh Kacabdin Wilayah V ibu Indarti, S.Sos, Pengawas Pembina Bapak Drs. Awet Setiawan Widoyoko,M.Pd, ketua Komite SMAN 1 Metro Bapak Dr.Drs.Rusnadi, M.Si, bapak kepala SMAN 1 Metro Bapak M.Kholid, M.Pd serta bapak dan ibu guru pengampu mata pelajaran kelas X. (EW)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum