Pastikan Aman, Personil TNI Polri Kawal Pelaksanaan Ibadah Waisak

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Sinergi TNI Polri dari Koramil 429-11/Sekampung dan Polsek Sekampung melaksanakan pengamanan ibadah hari raya Waisak 2576 TB, bertempat di Wihara Buddha Manggala Ratna, Desa Sumbersari, Minggu (4/6/2023).

Kegiatan ibadah dalam rangka hari raya Waisak 2576 TB/ 2023 mengambil tema “Harmonis Masyarakat Damai Negara” ini dihadiri para jemaat ± 75 Orang dan di pimpin oleh Romo Siswanto.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman, ibadah yang di mulai sekira Pukul 08:00 WIB ini mendapat pengamanan dari Personel Koramil dan Polsek Sekampung.

Hal tersebut di sampaikan oleh Babinsa Koramil 429-11/Sekampung Kodim 0429/Lamtim, Serka Widodo di sela-sela kegiatan pengamanan ibadah.

Baca Juga :  Polda Lampung Mulai Periksa Saksi Dugaan Korupsi Pengadaan Tanah Bendungan

“Kami TNI Polri senantiasa siap memberikan bantuan pengamanan kepada umat yang melaksanakan ibadah, sehingga nantinya masyarakat akan merasa nyaman serta aman”, ucapnya.

Babinsa juga menambahkan bahwa kebebasan beragama di Indonesia sudah diatur oleh undang-undang. Menjalankan ibadah merupakan hak konstitusional warga dan hak beribadah tersebut tidak terkait dengan persoalan jumlah, baik mayoritas maupun minoritas.

“Dalam Pasal 28 E ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Repubilik Indonesia Tahun 1945 dinyatakan bahwa “Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali.” Selanjutnya dalam Pasal 29 ayat (2) dinyatakan bahwa “Negara menjamin kemerdekaan tiap- tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu”, tegasnya.

Baca Juga :  Polres Lampung Timur Berhasil Ungkap Belasan Orang Pelaku Tindak Pidana Kriminal

Pada kesempatan yang sama, Romo Siswanto menyampaikan ucapan terimakasih kepada TNI dan Polri yang sudah berkenan hadir memberikan Pengamanan pelaksanaan ibadah Waisak.

“Kami sangat bergembira Bapak Babinsa dan Bhabinkamtibmas berkenan hadir di Wihara Buddha Manggala Ratna guna memberikan rasa aman kepada kami umat Budha yang sedang melaksanakan ibadah Waisak”, tuturnya. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum