Kasrem 043/Gatam Tutup TMMD ke-117 Kodim 0429/Lamtim

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-117 Kodim 0429/Lamtim TA. 2023 resmi di tutup Kasrem 043/Garuda Hitam Kolonel Inf. Prasetyo, Kamis (10/8/23).

Upacara yang berlangsung di Lapangan Desa Sumber Marga, Kecamatan Way Jepara, turut dihadiri oleh Dansatgas TMMD Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH, Bupati Lampung Timur Dawam Raharjo, Kapolres AKBP M.Rizal Muchtar.S.H, S.I.K.,M.H, Kepala BNN Lamtim Raden Gunawan, Anggota DPRD Lamtim Imam Zaky, Perwakilan TNI AL Serma Antoro, Ketua Pengadilan Agama Lamtim Noor Hidayat, Ketua NU Lamtim Gus Dardiri Ahmad, Ketua GP Ansor Muslih, Sekretaris PP Oktavianus ( Sekertaris Ormas PP), Forkopimcam Way Jepara, Kades Sumber Marga, Ketua Persit KCK Cab LIV dan Ketua Bhayangkari Lamtim.

Dalam kesempatan tersebut, Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf. Prasetyo yang bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) membacakan amanat Panglima Kodam II/Sriwijaya (Pangdam) Mayor Jenderal TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han.

Dalam amanatnya, Pangdam II/Sriwijaya menyampaikan TMMD ke-117 dilaksanakan secara serentak Di 5 (lima) Kabupaten dan kota, yaitu Bengkulu wilayah Korem 041/Gamas, Kabupaten Muara Bungo wilayah Korem 042/Gapu, Kabupaten Lampung Utara dan Lampung Timur Wilayah Korem 043/Gatam serta Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) wilayah Korem 044/Gapo.

“TMMD Ke-117 TA. 2023 merupakan program yang dilaksanakan lintas Sektoral dengan melibatkan Pemda, Polri, instansi terkait dan masyarakat setempat yang bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah guna mempercepat akselerasi pembangunan di Daerah, terutama membangun insfrastruktur, membuka daerah yang terisolir dan tertinggal guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta untuk kepentingan pertahanan dan tetap terpeliharanya Kemanunggalan Tni-rakyat. Hal Ini selaras dengan tema yang diangkat yaitu ”Sinergi Lintas Sektoral mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat”, Ujar Pangdam dalam amant tertulisnya.

Baca Juga :  Wakili Danramil, Babinsa Koramil 09/WJ Hadiri Grand Opening Pasar Ramadhan 3

“Kebersihan TMMD ke-117 yang dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan baik dari segi sasaran fisik dan non fisik yang hasilnya dirasakan oleh masyarakat tidak lepas dari dukungan pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota serta segenap elemen masyarakat. Oleh karena Itu, selaku pengendali kegiatan Operasional TMMD saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Gubernur serta Forkopimda Provinsi, Kapolda beserta Jajarannya, Bupati, Walikota, beserta Forkopimda Kabupaten dan Kota, instansi Kementerian terkait dan khususnya kepada seluruh masyarakat yang telah bahu-membahu bersama Prajurit TNI mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran pelaksanaan TMM Ke-117 Tahun 2023 Ini”,

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan, “semangat kebersamaan serta gotong-royong yang terpancar di setiap wajah dan cucuran keringat masyarakat serta aparat yang bersama-sama bekerja dilapangan hal Ini menjadi Refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen Bangsa yang memiliki Visi, Misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan kesejahteraan masyarakat”.

Baca Juga :  Pemkab Lampung Timur Berencana Mengajukan Pinjaman Dana Rp.300 Milyard

“Semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari Kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara. Ke manunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan Nasional yang kokoh”,

“Mewakili seluruh Prajurit dan Satgas TMMD Ke-117, Saya memohon maaf apabila selama pelaksanaan TMMD ada tingkah laku dan tindakan yang kurang berkenan di hati masyarakat. Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan
bimbingan petunjuk dan lindungan-Nya kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian kepada Bangsa dan Negara”,

Diakhir amanat tertulisnya Pangdam berpesan agar kebersamaan dan Kemanunggalan TNI- Polri-Rakyat jangan mudah terprovokasi oleh pihak manapun yang bertujuan untuk merusak Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

“Tingkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama sebagai realisasi semangat gotong-royong yang merupakan warisan asli budaya Bangsa kita. Pelihara hasil-hasil program TMMD Ke-117 Ini dengan sebaik-baiknya agar manfaatnya dapat dirasakan dalam kurun waktu yang lama”, pungkas Pangdam dalam amanat tertulisnya.

Selain penyerahan bingkisan kepada anak stunting, Kasrem 043/Gatam didampingi Dansatgas serta Forkopimda meninjau sasaran fisik TMMD, menyerahkan kunci secara simbolis hasil bedah RTLH serta meresmikan TPA dan Musholla. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum