Dua Pekon di Ajukan Pemkab Pesisir Barat Untuk Dimekarkan Secara Administrasi

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Pesisir Barat-(HPN)- Tim Penataan Desa Provinsi Lampung menyatakan bahwa dua pekon yang diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat untuk dimekarkan. Secara administrasi telah dinyatakan lengkap.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik, dan Persandian Kabupaten Pesisir Barat, Suryadi, mengatakan hasil audiensi antara Bupati Agus Istiqlal dan Tim Penataan Desa dari Pemprov Lampung pada Rabu,13 Desember 2023 di Kantor Bupati Pesisir Barat, menghasilkan beberapa hal.

“Berdasarkan verifikasi administrasi yang telah dilaksanakan, Pekon Pagar Bukit di Kecamatan Bangkunat akan dimekarkan menjadi calon pekon persiapan bernama Pekon Kuta Mulya. Pekon Marang di Kecamatan Pesisir Selatan, akan dimekarkan menjadi calon pekon persiapan bernama Pekon Cukuh Bunjak dan Pekon Kunyaian Agung. Secara administrasi dinyatakan lengkap,” kata Suryadi.

Baca Juga :  Pemkab Pesibar Gelar Operasi Pasar di Way Batu

Selanjutnya, tim dari Pemprov Lampung akan melakukan verifikasi lapangan ke wilayah tiga calon pekon persiapan tersebut. Jika nantinya, berdasarkan hasil verifikasi di lapangan disimpulkan layak untuk dimekarkan, maka dapat diterbitkan nomor kode register.

“Mudah-mudahan sebelum berakhirnya masa jabatan Gubernur Lampung, nomor kode register tiga calon pekon persiapan tersebut bisa terbit,” kata Suryadi.

Baca Juga :  AJO Indonesia Adakan Pelatihan Dasar Jurnalistik dan Seminar Stop Perundungan

Dalam audiensi tersebut, Bupati Agus Istiqlal menyampaikan ucapan terima kasih atas respon Pemprov Lampung dalam upaya Pemkab Pesisir Barat melakukan pemekaran pekon di wilayah tersebut. Selain itu, wilayah pekon yang akan dimekarkan tersebut memang sangat layak untuk dilakukan untuk pemerataan peningkatan kesejahteraan sekaligus memperpendek rentang kendali pemerintahan.

“Pak Bupati berharap hasil verifikasi lapangan di tiga calon pekon persiapan tersebut bisa disimpulkan layak. Sehingga harapan untuk mekarnya tiga calon pekon persiapan tersebut bisa terwujud,” kata Suryadi. (*)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum