Soal Keluhan Petani, Presiden RI Jokowi Berjanji Akan Menambah Subsidi Pupuk

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Jakarta-(HPN)- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menangkap banyaknya keluhan terkait urusan pupuk dari para petani akhir-akhir ini, Jokowi berjanji akan menambah subsidi pupuk.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberi arahan ke penyuluh pertanian dan Babinsa se-Jawa Tengah di Pekalongan, Rabu (13/12/2023), Jokowi mengatakan pemerintah akan melakukan pengawasan berkala di lapangan.

“Kembali ke urusan petani tadi disampaikan Pak Mentan, urusan pupuk, Pak Mentan tadi sudah sanggupi pupuk 2024, 2023 akhir dan 2024 awal beliau akan kontrol terus agar tidak ada masalah di lapangan, subsidi pupuknya, subsidi pupuknya akan saya tambah, karena suplai pupuknya juga ada,” kata Jokowi.

Baca Juga :  Ketua Umum PJI: Beri Presiden Kewenangan Menganulir Putusan Hakim

Namun Jokowi belum bicara perihal angka subsidi tersebut, Dia mengatakan akan mengkalkulasi terlebih dahulu dan diajukan kepada DPR RI.

“Berapa? Nanti akan saya umumkan kalau saya sudah ketemu Menteri Keuangan, semuanya itu dihitung, kurangnya berapa itu yang akan saya minta untuk diselesaikan oleh Menteri Keuangan, Pak Mentan ngitung dulu, minta persetujuan DPR RI, baru Menteri Keuangan bisa menambah, tapi saya janji pupuk akan ditambah subsidinya, sudah,” ujarnya.

Baca Juga :  Kapolri Perintahkan Jajarannya Tindak Tegas Pinjaman Online Ilegal

Jokowi mengaku memahami persoalan petani akhir-akhir ini yang mengeluhkan pupuk, Dia memastikan akan menyelesaikan urusan pupuk.

“Urusan pupuk, karena saya ini ngerti, Pak Mentan itu juga bekas PPL (penyuluh pertanian lapangan), saya juga tiap hari masuk ke sawah, ke desa, untuk bertanya kepada petani, problemnya memang tahun-tahun terakhir ini semuanya mengeluhkan pupuk, bener ya? Ada yang masalah pupuknya tidak bermasalah, tunjuk jari? Saya beri sepeda, urusan pupuk akan menjadi fokus Mentan dan akan kita selesaikan, setuju?” ucapnya. (*/Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum