Soal Keluhan Petani, Presiden RI Jokowi Berjanji Akan Menambah Subsidi Pupuk

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Jakarta-(HPN)- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menangkap banyaknya keluhan terkait urusan pupuk dari para petani akhir-akhir ini, Jokowi berjanji akan menambah subsidi pupuk.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberi arahan ke penyuluh pertanian dan Babinsa se-Jawa Tengah di Pekalongan, Rabu (13/12/2023), Jokowi mengatakan pemerintah akan melakukan pengawasan berkala di lapangan.

β€œKembali ke urusan petani tadi disampaikan Pak Mentan, urusan pupuk, Pak Mentan tadi sudah sanggupi pupuk 2024, 2023 akhir dan 2024 awal beliau akan kontrol terus agar tidak ada masalah di lapangan, subsidi pupuknya, subsidi pupuknya akan saya tambah, karena suplai pupuknya juga ada,” kata Jokowi.

Baca Juga :  Lingkar Puan" Santuni 27 Lansia Di Kec Johar Jakarta Pusat

Namun Jokowi belum bicara perihal angka subsidi tersebut, Dia mengatakan akan mengkalkulasi terlebih dahulu dan diajukan kepada DPR RI.

β€œBerapa? Nanti akan saya umumkan kalau saya sudah ketemu Menteri Keuangan, semuanya itu dihitung, kurangnya berapa itu yang akan saya minta untuk diselesaikan oleh Menteri Keuangan, Pak Mentan ngitung dulu, minta persetujuan DPR RI, baru Menteri Keuangan bisa menambah, tapi saya janji pupuk akan ditambah subsidinya, sudah,” ujarnya.

Baca Juga :  Bejat! Ayah di Mulya Sari Di duga Setubuhi Anak tiri Sejak Kelas 1 SMA hingga Melahirkan

Jokowi mengaku memahami persoalan petani akhir-akhir ini yang mengeluhkan pupuk, Dia memastikan akan menyelesaikan urusan pupuk.

β€œUrusan pupuk, karena saya ini ngerti, Pak Mentan itu juga bekas PPL (penyuluh pertanian lapangan), saya juga tiap hari masuk ke sawah, ke desa, untuk bertanya kepada petani, problemnya memang tahun-tahun terakhir ini semuanya mengeluhkan pupuk, bener ya? Ada yang masalah pupuknya tidak bermasalah, tunjuk jari? Saya beri sepeda, urusan pupuk akan menjadi fokus Mentan dan akan kita selesaikan, setuju?” ucapnya. (*/Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum