Pemerintah Kota Metro Mengusung Inovasi JAMA-PAI Penilaian Tahap II

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Kota Metro-Halopaginews.com- Pemerintah Kota Metro mengikuti penilaian dari Tim Penilaian Tahap 2 Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Pemerintah Provinsi Lampung. Hal ini berlangsung di Aula Pemerintah Kota Metro, Jumat (02/02/2024).

Sekretaris Bappeda Provinsi Lampung Ir. Ahmad Lianurzen, MT., menyampaikan bahwa pelaksanaan Penilaian Tahap 2 Penghargaan Pembangunan Daerah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Lampung di Kota Metro, dalam rangka untuk meningkatkan keterpaduan pelaksanaan pembangunan pusat dan daerah.

β€œPenyelenggaraan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) yang dilakukan oleh Bappenas juga sebagai bentuk evaluasi komprehensif dan kreatif terhadap Provinsi dan Kab/Kota dan juga sebagai bentuk motivasi serta apresiasi kepada Pemerintah Daerah, terhadap prestasinya dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Tim Penilaian PPD Kabupaten/Kota yang dilaksanakan oleh Tim Penilai Provinsi dan Tim Penilai Pusat, telah melakukan penilaian Tahap I di Kota Metro, yaitu berupa penilaian dokumen RKPD Kabupaten/Kota dan dokumen Inovasi yang telah ditentukan pula Nominasi Daerah yaitu 5 Kabupaten dan 2 Kota.

β€œDari hasil tersebut, Kota Metro dinyatakan masuk ke dalam 2 besar nominasi Kota. Untuk itu kami hadir hari ini untuk melaksanakan penilaian lanjutan, yaitu penilaian tahap II dengan melakukan verifikasi dan wawancara secara langsung,” tuturnya.

Pada tahapan ke 2, Tim Penilai Provinsi yang dilaksanakan oleh Tim Penilai Independen (TPI), Tim Penilai Utama (TPU) dan Tim Penilai Teknis (TPT) akan melihat kesesuaian yang ada di lapangan dengan dokumen yang disampaikan dan dinilai yang di dapat pada tahap 1.

Baca Juga :  Pemkot Metro Melakukan Monitoring ke Pasar Margorejo dan Pasar Kopindo
Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

β€œAspek yang di nilai pada penilaian tahap II ini adalah Aspek Pencapaian Pembangunan, Aspek Kualitas Dokumen RKPD, Aspek Proses Penyusunan Dokumen RKPD dan Aspek Inovasi,” jelasnya.

Selanjutnya, ia minta Kami Pemerintah Kota Metro dapat memberikan jawaban dan informasi yang sejelas-jelasnya. Karena Informasi dan jawaban akan sangat berpengaruh di dalam penilaian PPD Tahap II ini.

β€œSemoga Kota Metro dapat menjadi kota terbaik pada PPD Tahun 2024,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Metro dr. H. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG., M.H. mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahap 2 Tingkat Provinsi Lampung.

β€œDi Tahun 2023 lalu, Kota Metro telah mewakili Provinsi Lampung masuk dalam 10 besar Tingkat Nasional kategori Kota Terbaik Dalam Perencanaan dan Pencapaian Pembangunan Daerah Tahun 2024,” ucapnya.

Harapannya, di tahun ini Kota Metro dapat kembali mewakili Provinsi Lampung untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

β€œTak lupa saya juga mengucapkan terima kepada seluruh perangkat daerah dan stakeholder terkait, atas kinerja dalam berkolaborasi dalam sisi perencanaan pembangunan, juga pada pelaksanaan pembangunan di Kota Metro. Terkait dengan pelaksanaan penilaian PPD Tahun 2024, Kota Metro telah memasuki rangkaian penilaian pada tahap 1,” katanya.

Baca Juga :  Bulan Suci Ramadhan, Alumni STM Muhammadiyah Metro Bagikan Sembako

Wahdi juga menjelaskan bahwa kegiatan hari ini Pemerintah Kota Metro akan mengusung inovasi JAMA-PAI atau Jaringan Masyarakat Peduli Anak Ibu dalam penilaian tahap II.

β€œJAMA-PAI merupakan gerakan peran serta dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan anak dan ibu, yang didukung dengan perencanaan yang bersifat Tematik-Holistik, Integratif dan Spasial dengan mengkolaborasikan berbagai kegiatan. Kemudian program ini dilaksanakan secara bergotong-royong oleh pemerintah dan seluruh komponen masyarakat,” bebernya.

Pada pelaksanaan yang sama, Wahdi meminta kepada Kepala Perangkat Daerah dan semua yang hadir untuk dapat mendukung terlaksananya Penilaian PPD Tahap 2 di Kota Metro.

β€œHal itu dikarenakan, di dalam sasaran penilaian Pemerintah Provinsi Lampung terdapat seluruh OPD Kota Metro yang terkait, baik penilaian pada sisi perencanaan dan pencapaian pembangunan, maupun pada sisi inovasi yang di usung yaitu Inovasi JAMA-PAI. Salah satunya dengan pembaruan inovasinya dengan berkolaborasi pada program smart village yang telah dilaksanakan di Kecamatan Metro Timur,” jelas Wahdi. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum