Rencana Peralihan Fungsi PT. HIM Menuai Polemik

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Tulang Bawang Barat, halopaginews.com – Mendengar kabar PT. HUMA Indah Mekar (HIM) yang berada di Tiyuh Penumangan. akan beralih fungsi dari Karet menjadi Tebu, warga sekitar Meminta Kepada Pemerintah Untuk Mengkaji ulang keputusan itu.

Ketua Federasi Adat Megou Pak Tubaba Herman Arta mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah (pemda) harus cermat dalam menyikapi usulan perubahan komoditi PT. HIM tersebut.

“Diminta kepada pemerintah daerah agar mengkaji lebih mendalam lagi pengajuan perubahan peruntukan tanaman komoditi lahan PT. HIM. Sebab, lahan tersebut awalnya di tanami singkong kemudina beralih ke karet ini mau beralih lagi ke tebu,” cetusnya. Selasa (02/07/2019).

Ada yang ganjil, sambung Herman Arta, atas usulan perubahan komoditi PT. HIM tersebut.

Baca Juga :  Satu Pelaku Pembobol Konter HP Diringkus Polisi

“Saya juga mendapatkan informasi itupun pengelolaannya akan mereka (PT. HIM) serahkan ke pihak PTP. Bunga Mayang yang benar saja. Sebagai masyarakat adat empat marga (Megou Pak) di Tubaba kita keberatan kalau manfaatnya untuk masyarakat Nggak Jelas karena banyak juga persoalan di dalam areal PT. HIM tersebut belum diselesaikan seperti tanah hibah Penumangan, sengketa tanah yang terkena jalan tol dan masalah lainnya,” paparnya.

Hal serupa dikatakan oleh Ariyanto Werta, Koordinator Lima Keturunan (Panaragan, Bandar Dewa, Menggala Mas). Dirinya menegaskan, jika Hak Guna Usaha (HGU) PT. HIM yang sudah diperpanjang hingga tahun 2042 dinilai cacat hukum, dan perpanjangan HGU itu sesuai dengan peraturan dan proses perpanjangan HGU sebagaimana mestinya.

Baca Juga :  Rumdin Bupati Tubaba Kecolongan

Bahkan, tambah Ariyanto Werta, pihaknya sedang melakukan upaya hukum terkait HGU PT Him tersebut dengan melakukan tuntutan ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN).

“Kalau Abdul Rahman Sarbini (Mance) mantan Bupati Tulangbawang sudah kami temui dan yang bersangkutan menyatakan dimasa dia PT. HIM belum melakukan Perpanjang HGU, sementara Bachtiar Basri Mantan Bupati Tubaba sudah beberapa kali diagendakan untuk mempertanyakan hal tersebut hingga saat ini belum pernah bisa ditemui. Maka, langkah kami yaitu mengajukan gugatan ke PTUN,” tegasnya. (Rls/Tim)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews