Kebakaran Lahan Kepenghuluan Bangko Lestari Mulai Padam

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

RIAU, Rokan Hilir (HPN) – Kepenghuluan Bangko Lestari cepat tanggap melakukan pemadaman titik api terjadinya kebakaran lahan Kebun Sawit milik RT/24, RW/1, Dusun Bourtrem Jaya di lahan sawit milik warga.

Pemadaman ini juga turut dibantu oleh Babinsa 05/RM Kepenghuluan Bangko Lestari, Kodim 0321/Rohil, juga MPA kepenghuluan Bangko Lestari, dan turut hadir Puskesmas Bangko Jaya, guna pengecekan kesehatan para pemadam api yang sedang berjibaku dilapangan.

Penghulu Bangko Lestari Jonni Limbong mengatakan, bahwa kebakaran lahan hutan yang ada di Kepenghuluan Bangko Lestari tersebut sudah terjadi pada hari Kamis (29/8) kemaren.

Baca Juga :  Tanpa Kenal Lelah Lanal Bandung Terus Layani Vaksinasi 230 Masyarakat Maritim

“Kendala kami dilapangan selama memadamkan api, karena tidak memiliki alat pemadam api yang kami miliki dan kedalam lahan gambut yang mencapai 60cm juga merepotkan kami dalam mengatasi kebakaran lahan ini.” ujarnya. Sabtu (31/8).

Lanjut Penghulu, sebenarnya pada hari Jum’at (30/8) api sudah padam, namun ternyata didasar gambut masih menyimpan bara api yang harus dipadamkan dengan cara digali dengan cangkul, dan disemprot dengan air berulang ulang kali hingga benar-benar padam.

Baca Juga :  Ketua DPRD Metro Tondy, Berharap Peringatan HPN 2022 Media Massa dapat Menjaga Nilai-nilai Utama Jurnalistik dan Berinovasi

“Alhamdulillah pekerjaan kami dilapangan semakin terbantu dengan alat pemadaman yang diturunkan oleh Perkebunan Sungai Rumbia Dua yang terletak di Kepenghuluan Balam Sempurna, Kecamatan Balai Jaya,” pungkasny.

Masih menurut Penghulu, luas lahan yang terbakar mencapai lebih kurang 1 Hektar, dan menurut Kepenghuluan kebakaran lahan ini memang terbakar dan bukan sengaja dibakar.(Taufik Saragih)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews