Kebakaran Lahan Kepenghuluan Bangko Lestari Mulai Padam

0
233
Lokasi kebakaran lahan kebun sawit milik warga di Dusun Pelita Jaya. Foto: Taufik Saragih

RIAU, Rokan Hilir (HPN) – Kepenghuluan Bangko Lestari cepat tanggap melakukan pemadaman titik api terjadinya kebakaran lahan Kebun Sawit milik RT/24, RW/1, Dusun Bourtrem Jaya di lahan sawit milik warga.

Pemadaman ini juga turut dibantu oleh Babinsa 05/RM Kepenghuluan Bangko Lestari, Kodim 0321/Rohil, juga MPA kepenghuluan Bangko Lestari, dan turut hadir Puskesmas Bangko Jaya, guna pengecekan kesehatan para pemadam api yang sedang berjibaku dilapangan.

Penghulu Bangko Lestari Jonni Limbong mengatakan, bahwa kebakaran lahan hutan yang ada di Kepenghuluan Bangko Lestari tersebut sudah terjadi pada hari Kamis (29/8) kemaren.

Baca Juga :  Rumah Sakit Swasta Sumut Tilep Dana BPJS

“Kendala kami dilapangan selama memadamkan api, karena tidak memiliki alat pemadam api yang kami miliki dan kedalam lahan gambut yang mencapai 60cm juga merepotkan kami dalam mengatasi kebakaran lahan ini.” ujarnya. Sabtu (31/8).

Lanjut Penghulu, sebenarnya pada hari Jum’at (30/8) api sudah padam, namun ternyata didasar gambut masih menyimpan bara api yang harus dipadamkan dengan cara digali dengan cangkul, dan disemprot dengan air berulang ulang kali hingga benar-benar padam.

Baca Juga :  Satres Narkoba Polres Rohil Bekuk Bandar Narkoba di Balam

“Alhamdulillah pekerjaan kami dilapangan semakin terbantu dengan alat pemadaman yang diturunkan oleh Perkebunan Sungai Rumbia Dua yang terletak di Kepenghuluan Balam Sempurna, Kecamatan Balai Jaya,” pungkasny.

Masih menurut Penghulu, luas lahan yang terbakar mencapai lebih kurang 1 Hektar, dan menurut Kepenghuluan kebakaran lahan ini memang terbakar dan bukan sengaja dibakar.(Taufik Saragih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here