Asisten I Bidang Pemerintahan Hadiri Bimtek tahun 2020

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Pesisir Barat (HPN) – Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, yang di wakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, menghadiri acara Bimbingan Teknis Pemilihan Peratin Serentak Tahun 2020, oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Pekon, bertempat di Aula Hotel Sartika. Rabu (05/02/2020).

Plt. Kepala Dinas Komindo Pesisir Barat Tedi Zadmiko, menginformasikan bahwa, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat telah melaksanakan tahapan-tahapan Pemilihan Peratin pada tahun 2016 yang lalu serta telah melaksanakan Pemilihan Peratin gelombang pertama pemilihan Peratin serentak pada 68 Pekon, dan di tahun 2018 telah melaksanakan pemilihan peratin serentak gelombang kedua, pada 42 pekon dari 116 Pekon di Kabupaten Pesisir Barat.

Baca Juga :  Koperasi Nelayan Mina Makmur Lestari Gelar Rapat Tahunan

berdasarkan pengklasifikasian masa habis jabatan peratin definitif, maka untuk di tahun 2020 akan dilaksanakan Pemilihan Peratin serentak gelombang ketiga pada 6, Pekon di 3 Kecamatan. Yaitu, Sukadana, Pasar Pulau, Sukamarga Kecamatan Pulau Pisang. Parda Haga Kecamatan Lemong dan Balam, Baturaja Kecamatan Pesisir Utara.

Dalam Sambutannya, Asisten I Audi Marfi, mewakili Bupati Agus menyampaikan, sebagaimana diketahui bahwa, Pemilihan Peratin merupakan pelaksanaan Kedaulatan Rakyat di tingkat Pekon dalam rangka memilih Peratin yang bersifat Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil.

“Dengan demikian, bimtek pemilihan Peratin yang kita laksanakan pada hari ini, merupakan tahap awal dari pemilihan Peratin serentak se-Kabupaten Pesisir Barat. Sesuai dengan Peraturan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 112 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 65 tahun 2017, tentang perubahan atas peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 112 tentang pemilihan Kepala Desa,” kata Audi menyampaikan amanah Bupati.

Baca Juga :  Agus Istiqlal Hadiri Pelantikan Majelis Wakil Cabang NU

Lanjutnya, “Perlu diketahui pemilihan Peratin merupakan momentum untuk memperkuat partisipasi Masyarakat dan Konsolidasi Demokrasi. untuk itu Masyarakat mempunyai peran penting dalam menentukan arah kebijakan Pemerintahan Pekon sesuai kebutuhan Masyarakat selama 6 tahun kedepan.” tutupnya. (Syamsul)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews