Bupati Asahan Teleconference dengan Gubernur Sumut

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Asahan (HPN) – Bupati asahan Surya, melalui siaran langsung Video Conference memberikan laporan kepada Gubernur Sumut terkait penyebaran Covid-19 diΒ  ruang Command Center kantor Bupati Asahan. Selasa (24/03/2020).

“Hingga saat ini di Kabupaten Asahan tercatat ada 142 warga berstatus Orang Dalam Pemantauan. Dengan catatan 136 orang kondisi sehat dan 6 orang lainnya sakit dalam pemantauan petugas.” ucap Surya dalam laporannya.

Namun demikian kondisi Kabupaten Asahan sampai saat ini masih berada dalam keadaan terkendali, stabil. Dan tidak ada warga satupun yang terjangkit oleh virus Covid 19 atau nihil Corona.

β€œWalaupun Kabupaten Asahan masih dalam keadaan stabil, tetapi upaya pemantauan terus dilakukan. Hal itu dalam upaya antisipasi dan pencegahan penyebaran wabah Covid 19.” tandasnya.

Lanjut Bupati, untuk mengantisipasi dan pencegahan Corona. Pemkab Asahan melibatkan unsur TNI, POLRI, MUI, FKUB, IMTAQ dan Masyarakat.

“Dalam menangani virus Corona. Pemerintah Kabupaten Asahan sudah melakukan beberapa usaha preventif dalam menghadapi bencana nasional Covid-19. Langkah yang diambil itu antara lain melakukan penyemprotan disinfektan di setiap kantor pelayanan umum, kantor pemerintahan serta rumah ibadah serta sekolah-sekolah.” terang Surya.

Baca Juga :  Kantor Koramil 422/03 Pesisir Tengah Diresmikan

Selain itu, Dinas Kesehatan bekerjasama dengan pihak rumah sakit dan puskesmas telah melakukan pendataan secara riil tentang warga yang baru datang dari luar negeri atau dari daerah yang terjangkit Covid-19.

Kemudian, Pemkab Asahan juga melakukan pemantauan secara ketat kepada warga melalui Dinas Kesehatan dan petugas gugus tugas percepatan penanganan Covid-19.

Dalam laporan tersebut, Bupati Surya, juga menghimbau kepada masyarakat melalui surat edaran, berbagai baleho, spanduk maupunΒ  secara door to door dan pengumuman secara berkala melalui LPPL RSPD agar waspada dan menjaga kesehatan agar terhindar dari virus Corona.

“Saat ini Pemkab Asahan telah membentuk Satgas percepatan penanganan Covid-19 yang bertugas terus memantau perkembangan warga ODP maupun PDP serta memberikan pelayanan bagi warga masyarakat kita yang ada keluhan dilakukan pemeriksaan, baik di tingkat pusksemas maupun rumah sakit,” jelas Bupati.

Sementara Gubernur Sumut, Eddy Rahmayadi dalam siaran langsung tersebut menyahuti laporan yang telah disampaikan oleh Bupati Asahan.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan segera mengutus tim, untuk melakukan pengecekan ke daerah dan rumah sakit rujukan untuk penanganan pasien Covid 19 sudah layak dan sesuai dengan standart dalam penanganan Corona,”!kata Edy.

Baca Juga :  Kemenag Asahan Gelar Upacara Hari Amal Bakti Ke-74Β 

Saat ini masyarakat yang digolongkan dalam status ODP cukup pesat perkembangannya. Dari kondisi itu, masih banyak masyarakat kita yang belum patuh, belum menaati himbauan dan arahan dari pemerintah.

β€œHal tersebut membuat semakin besar jumlah individu yang tidak dapat kita pantau. Sebab tidak dapat dipastikan apakah orang-orang ini termasuk ODP atau PDP,” kata Gubsu.

Untuk mengatasi hal itu, Gubsu meminta agar seluruh pihak dapat berperan aktif untuk menenangkan masyarakat. β€œLaksanakan tindakan yang paling bijaksana untuk memutus rantai Covid-19, berikan arahan kepada rakyat untuk tetap di rumah. Kemudian giatkan social distancing sampai batas waktu yang belum bisa kita tentukan tergantung situasi yang berkembang,” ucap Gubsu penuh harap.

Dalam video confrence itu, Bupati Asahan Surya, didampingi Sekdakab Asahan Taufik Zainal Abidin, PLt. Kepala Dinas Kesehatan, Kadis Kominfo Rahmat Hidayat Siregar. (Bangun)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews