Penjemputan ODGJ Program Kemanusiaan

0
293
Aksi heroik Dinsos saat menjemput warga gangguan jiwa. Foto: Eko/halopaginews.

Lampung Timur (HPN) – Kegiatan Program bentuk Kemanusiaan dari Bupati Lamtim Zaiful Bukhori melalui Dinas Sosial, untuk membantu warga yang mengalami sakit gangguan jiwa atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), yang berada di seluruh Kabupaten Lampung Timur. Kamis (04/06/2020).

Dalam kegiatan program kemanusiaan, turut serta dihadiri Sekcam Slamet Haryanto, Kepala UPTD Puskesmas Pekalongan, Yusimelia, Kades Adirejo Danar Subekti, dan Kades Adijaya Agus beserta TKSK Pekalongan Paidal.

Sekcam Pekalongan Slamet Haryanto, mewakili Camat Pekalongan Jarot Suseno mengatakan, bahwa program kemanusiaan tersebut merupakan program Bupati Zaiful Bukhori melalui Dinas Sosial dan bekerja sama dengan Yayasan Aulia Rahma Bandar Lampung. Program ini sangat membantu warga yang kesulitan mengatasi orang dengan gangguan jiwa yang ada daerah di Kecamatan Pekalongan Lampung Timur.

Baca Juga :  Forkopimcam Way Bungur Giat Penyemprotan Disinfektan

“Kami beserta Dinas Sosial dan UPTD puskesmas pada hari rabu turut menjemput warga yang mengalami gangguan jiwa yang di desa adirejo dan desa adijaya,” ujar Slamet.

Selanjutnya, warga yang dijemput dan dibawa ke Yayasan Aulia Rahma Bandar Lampung, mereka sudah lama mengalami menderita gangguan jiwa dari usia masih duduk bangku SD, Purwono (42) adalah warga desa adirejo dan yang dari SMP, Supeno (38), sudah puluhan tahun dan orang tua nya juga sudah berusaha mengobatkan bahkan ke RSJ Bandar Lampung, namun tak kunjung sembuh keluarga pasien tersebut kondisinya orang tuanya juga bukan orang mampu.

“Dengan adanya program bantuan pemerintah sangat membantu warganya yang tidak mampu. Bagi warga lampung timur yang mengalami gangguan jiwa dan bisa membahayakan jiwa di upayakan berobat ke Yayasan Aulia Rahma di Bandar Lampung,” terangnya.

Baca Juga :  Bupati Lamtim Beri Motivasi Warga Rutan Sukadana

“Data yang di usulkan dengan antrian ke Dinas Sosial alhamdulilah kemarin hari rabu (03/06), pukul 15.30 wib. Dan dibawa berobat ke Yayasan tersebut,” tutup Sekcam.

Sementara UPTD Puskesmas Pekalongan Yusimelia juga mengatakan, dengan adanya program kemanusiaan dari Bupati Lamtim melalui Dinas Sosial, dan juga bekerja sama dengan Yayasan Aulia Rahma, tentunya sangat membantu masyarakat khususnya warga Lampung Timur.

“Nantinya mereka akan mendapatkan obat dan bisa sembuh seperti warga masyarakat pada umumnya. Jika mereka sudah sembuh kembali kepada keluarganya, agar diperlakukan pada umumnya seperti masyarakat biasa jangan seperti orang yang mengalami menderita gangguan jiwa,” pungkasnya. (Eko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here