Bupati Asahan Jemput PMI Asal Asahan di Pelabuhan Teluk Nibung

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Asahan (HPN) – Melalui proses yang cukup panjang para Pekerja Migran Indonesia (PMI), yang berasal dari Kabupaten Asahan dan bekerja di Malaysia pada hari ini dapat pulang ke Kampung halamannya masing-masing.

Kepulangan PMI Asahan ini disambut oleh Bupati Asahan, Walikota Tanjung Balai, Dandim 0208 Asahan, Danlanal Tanjung Balai Asahan, Kapolres Asahan, Kapolres Tanjung Balai, KSOP Tanjung Balai dan Bea Cukai Tanjung Balai Karimun di Pelabuhan Teluk Nibung, Kamis malam sampai di Kisaran pada pukul 02.15 wib. Jumat (03/07/2020).

Bupati Asahan Surya mengatakan, bahwa jumlah (PMI) yang dipulangkan ke Indonesia berjumlah 216 orang yang terdiri dari 208 PMI Asal Asahan dan 8 orang dari KBRI.

Pemulangan para PMI tersebut tidak dipungut biaya sama sekali, semua biaya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Asahan, sedangkan proses pemulangan (PMI) Pemerintah Kabupaten Asahan bekerja sama dengan Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur, Malaysia dan Indonesia Diaspora Network Chapter Malaysia.

Baca Juga :  PMI Waykanan Tepuk Tangan Kinerja Polsek Baradatu

Surya juga menerangkan, sempat terjadi penundaan pemulangan PMI yang disebabkan adanya permasalahan administrasi.

“Ya, sempat terjadi penundaan pemulangan PMI ini, yang seharusnya Kembali ke Kabupaten Asahan pada hari Rabu (01/07), tetapi karena adanya permasalahan administrasi di Malaysia akhirnya (PMI) baru bisa kembali ke Kabupaten Asahan pada hari ini,” ungkap Suryan

Bupati Surya menambahkan, tidak ada paksaan dari manapun, semua atas keinginan mereka sendiri untuk pulang ke Indonesia. Hal ini disebabkan karena di Malaysia diberlakukannya Lokcdown sebagai upaya menahan penyebaran wabah C-19. Lockdown tersebut berdampak terhadap pekerjaan mereka disana.

Melihat hal tersebut Pemerintah Kabupaten Asahan merasa prihatin dengan keadaan mereka, sehingga Pemerintah Kabupaten Asahan memfasilitasi kepulangan mereka.

Baca Juga :  Terima Surat Mandat, Choibar Nurdiansyah Siap Kibarkan Bendera PJI di Tulang Bawang

Bupati Asahan mengatakan, untuk para PMI yang baru pulang ini akan dibawa ke tempat karantina yang berada di Kolam Renang Pemkab Asahan, dan setelah sampai di sana mereka akan diantar oleh Camatnya masing-masing, kemudian Camat serta Puskesmas setempat akan mengontrol keadaan para PMI tersebut sampai batas waktu yang telah ditentukan.

Kepada Pemerintah Kota Tanjung Balai, Bupati Asahan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Asahan dalam proses pemulangan PMI ini.

“Kepada masyarakat Kabupaten Asahan, saya berharap dapat mematuhi himbauan yang diberikan oleh Pemerintah dan selalu menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran wabah C-19,” tutupnya. (Bangun)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews