Desa Taman Asri Gropyokan Basmi Hama Tikus

0
226
Foto: Dok. Ist.

Lampung Timur (HPN) – Desa Taman Asri, Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur melakukan kegiatan Gropyokan, untuk membasmi hama tikus yang ada disawah. Selasa (21/07/2020).

Kegiatan Gropyokan tersebut, dihadiri Langsung, Camat Purbolinggo Akih Sunaryo, Kapten Cah. Rahmat TW. Danramil 429-06/Purbolinggo, Paryo Kabid Penyuluhan Pertanian Lamtim, Bhabinsa Koramil Pratu Sutardi, Bhabinkamtibmas Polsek Purbolinggo Bripka Soriyono, Pol PP Purbolinggo, Kades Lekat Dulah Adi Putra dan beserta perangkat Desa setempat.

Kabid Penyuluhan Pertanian Lamtim Paryo menyampaikan, bahwa kegiatan penyuluhan dilaksanakan di Desa Taman Asri, untuk meningkatkan salah satu produksi pertanian. Kegiatan yang berkelanjutan yang dilakukan dengan cara gropyokan merupakan secara tenis paling efektif, dilakukan secara terus menerus.

Baca Juga :  DPC PPWI Lamtim Langsungkan Perubahan Struktural

“Saat ini hampir semua wilayah Lampung timur, terkena hama tikus. Secara teknis lain kami menggunakan sarang burung juga sudah dilakukan. Kami mendapat informasi di purbolinggo ada 20 sarang burung di luar cara itu untuk gropyokan kemasyarakat, dan ke tahanan pangan yang kami tingkatkan,” jelas Paryo.

Akih Sunaryo Camat Purbolinggo juga mengatakan ini merupakan agenda penyuluhan pertanian lampung timur terdiri dari beberapa dusun, jadi disini ada dusun yang dibagi- bagi tidak semua warga Desa Taman Asri, dan ada sekitar 4 dusun rencananya besok hari Sabtu di areal lagi dekat Skp di Dusun 1.

Baca Juga :  Calon Kantor DPC PPWI Lamtim Dibobol Maling

Kapten Cah. Rahmat TW. Danramil 429-06/Purbolinggo menuturkan kegiatan rutinitas dilaksanakan oleh pertanian dalam rangka pembasmian hama tikus yang mengganggu sawah petani.

“Dalam hal ini hama tikus mudah- mudahan adanya kegiatan ini hasil yang lebih baik didapat oleh petani , karena hama tikus ini cukup mengganggu jumlah panen yang di dapat dari petani,” harap Rahmat.

Lekat Dulah Adi Putra Kades Taman Asri mengatakan, “Dengan adanya gropyokan tikus ini mudah-mudahan swasembada jagung di Desa Taman Asri khususnya dan Lampung Timur pada umumnya dapat tercapai dengan maksimal hasilnya,” ucap Kades Adi. (Eko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here