Dinkes Tuba Beri Bantuan Pasien Splenomegali

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Tulang Bawang (HPN) – Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang mengunjungi pasien anak gizi buruk bernama Zulia Hikmah yang dirawat di rumah sakit Penawar Medika, Kecamatan Banjar Margo. Selasa (04/08/2020).

Kepala Dinas Kabupaten Tulang Bawang, Fatoni, mengatakan, pasien tersebut sejak tiga tahun lalu sudah dalam pengawasan dan pengobatan pihak Puskesmas Makartitama, Kecamatan Gedungaji Baru.

Pasien mengidap penyakit Splenomegali. Splenomegali adalah kondisi pembesaran pada organ limpa yang bisa disebabkan oleh sejumlah penyakit atau infeksi. Pada kondisi normal, limpa hanya berukuran 11-20 cm, dengan berat hingga 500 gram. Namun, pada penderita splenomegali, ukuran limpa bisa lebih dari 20 cm, dengan berat mencapai lebih dari 1 kilogram.

Menurutnya, kunjungan Dinas Kesehatan terhadap pasien di rumah sakit swasta Penawar Medika tersebut guna memastikan penanganan pasien berjalan dengan baik dan maksimal.

“Sebelumnya Dinas Kesehatan menawarkan kepada pihak keluarga agar pasien dirujuk ke RSUD Menggala. Bahkan, pihak dinkes akan menyiapkan Rumah Tunggu Keluarga (RTK) agar bisa mengurangi beban keluarga pasien saat menunggu pasien tersebut dirawat,” terangnya.

Namun, sambung Fatoni, keluarga pasien enggan membawa pasien ke RSUD Menggala. Pasien akhirnya di bawa ke Rumah Sakit swasta Penawar Medika.

Dalam kunjungan itu, Dinas Kesehatan setempat juga memberikan bantuan uang tunai sebagai upaya mengurangi beban keluarga pasien.

“Hal ini merupakan bagian dari gotong-royong bergerak melayani warga, yang mana ini adalah program Bupati Tulang Bawang Winarti,” tutupnya. (ADVERTORIAL)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews