Bupati Asahan Tanggapi Keluhan Masyarakat Lubuk Palas

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Asahan (HPN) – Beberapa hari terakhir ini hujan turun sangat lebat menyebabkan puluhan rumah warga Desa Lubuk Palas Kecamatan Silau Laut tergenang banjir, demikian keluhan masyarakat tersebut disampaikan Kepala Desa Lubuk Palas Nurlin dalam laporannya kepada Bupati Asahan melalui Asisten II.

Lebih lanjut Nurlin melaporkan, selain hal tersebut, banjir juga menyebabkan halaman rumah warga, halaman sekolah, perkebunan masyarakat dan jalan juga tergenang air.

“Efek banjir sangat dirasakan lebih kurang 700 KK di 3 Desa yakni Desa Lubuk Palas, Desa Kapias Batu VII, dan Desa Pematang Sei Baru. Dampak dari tergenangnya air tersebut menyebabkan sulitnya petani untuk bekerja, rusaknya infrastruktur, dan banyak tanaman masyarakat yang mati.” jelas Nurlin.

Baca Juga :  Sekdakab Asahan Berbagi Tali Kasih ke 65 Supir Bus

Menyikapi aspirasi masyarakat tersebut, Bupati Asahan Surya, menginstruksikan kepada Dinas PUPR Kabupaten Asahan untuk segera melakukan upaya mengatasi permasalahan yang dialami masyarakat Desa Lubuk Palas dan sekitarnya.

“Harus segera dilakukan antisipasi untuk meminimalisir kemungkinan terjadi genangan air yang lebih tinggi apabila hujan turun kembali.” pesan Bupati Asahan yang disampaikan Asisten II Drs. Bambang. Rabu (23/09/2020).

Tindak lanjut dari instruksi Bupati Asahan, Dinas PUPR Kabupaten Asahan menyerahkan bantuan 42 pipa kepada masyarakat Desa Lubuk Palas.

“Pipa tersebut nantinya akan dimanfaatkan untuk perbaikan tanggul penahan air asin yang telah rusak dan juga dipergunakan untuk mengalirkan air yang tergenang dari Desa Lubuk Palas menuju Kuala Pematang Sei Baru.” terang Asisten II.

Baca Juga :  DPRD Kota Medan Komisi II Kunker ke Disdik Asahan

Selain 42 pipa besar yang diserahkan oleh Pemkab Asahan, masyarakat Desa Lubuk Palas juga menerima bantuan 10 pipa yang bersumber dari CSR UD Sejati.

“Untuk proses pengerjaannya, dilaksanakan oleh Dinas PUPR dan masyarakat setempat dengan anggaran yang bersumber dari APBD Kabupaten Asahan pada Dinas PUPR dalam kegiatan pengendalian banjir,” pungkasnya.

Dengan dilaksanakannya pipanisasi tersebut diharapkan dapat mengurangi debit air bila terjadi curah hujan yang tinggi di Desa Lubuk Palas dan sekitarnya. (Bangun)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews