DPRD Kota Metro Gelar Rapat Hearing Bersama Pemkot, Bahas Obat dan Vitamin

Foto, Rapat Hearing DPRD Kota Metro Bersama Pemkot

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Kota Metro-(HPN)- Sejumlah Kebutuhan untuk Penanganan Covid maupun non Covid-19 di Kota Metro, seperti obat dan Vitamin Mengalami Peningkatan yang Signifikan kebutuhannya sehingga di Apotik Menyebabkan Kelangkaan.

Untuk itu DPRD Kota Metro melakukan rapat dengar pendapat bersama Sekda Kota Metro, Dinkes Metro, Direktur
RSUD Ahmad Yani Metro di OR DPRD Kota setempat, Senin (02/08/2021) sore.

Pada kegiatan rapat, DPRD Kota Metro membahas beberapa point kelangkaan obat, vitamin, oksigen, dan klarifikasi informasi viral penolakan penanganan terhadap pasien gawat darurat.

Wakil Ketua I DPRD Kota Metro, Basuki, meminta rumah sakit untuk melakukan penanganan pasien gawat dalam kondisi apapun.

Ia juga berharap tidak ada lagi penolakan terhadap pasien dengan kondisi darurat di rumah sakit wilayah yang ada di Bumi Sai Wawai.

Baca Juga :  Walikota Metro dan Wakil Walikota Metro, Hadiri Dialog Moderasi Beragama yang diadakan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama di Metro

“Jadi tadi sudah kita tegaskan agar semua pasien dalam kondisi darurat harus ditangani dalam situasi apapun. Jelaskan dengan baik ke pasien dan keluarga,”Tegasnya.

Ia meminta, masyarakat juga memahami kondisi kedaruratan terkait oksigen saat ini. DPRD telah meminta penambahan ketersediaan oksigen di RSU Ahmad Yani. Sehingga bisa menangani pasien dalam kondisi kritis.

“Jadi sekali harus diberikan pelayanan bagi pasien kritis, baik Covid-19 maupun tidak. Jangan ada rujukan kalau kondisi kritis, tangani dulu dengan maksimal dalam kondisi apapun,” Ungkapnya.

Ketua Komisi II, Fahmi Anwar menilai, agar pemerintah tidak membuat bingung masyarakat, sampaikan jika situasi saat ini memang sedang dalam kondisi darurat. Namun, pelayanan harus tetap maksimal.

“Harus lebih maksimal dalam memberi pelayanan pada masyarakat,” Imbuhnya.

Baca Juga :  Menjelang Pilkada 2024, Danramil 0411-01/Metro, Hadiri Penandatanganan Integritas Bawaslu Kota Metro

Sementara Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo menyampaikan, Terkait kelangkaan obat dan vitamin di Metro, pihaknya masih menunggu stok yang akan dikirimkan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“Terkait ketersediaan obat ini memang ada yang beli langsung dari Dinas Kesehatan, ada yang menunggu dari pusat. Karena Presiden mengatakan obat akan segera dikirim tapi sampai daerah belum,”Ujarnya.

Selain itu, Bangkit juga menyampaikan bahwa pihaknya telah berupaya menyediakan obat dan vitamin lewat pengadaan.

“Tapi dari rumah sakit pun masih berupaya, obat-obatan khusus untuk Covid-19 itu memang kekurangan, tapi kita masih berupaya. Kita juga masih pengadaan untuk menambah obat-obat itu, karena rumah sakit kan dibawah UPTD nya Dinas Kesehatan, Jadi menjadi tanggungjawab kesehatan juga,” Pungkasnya.  (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum