Kamis, 16 September 2021, Jam 13.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi., yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang KEMAJUAN TEKNOLOGI: MUSIBAH ATAU ANUGERAH oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.
Menurut Dr. Harliantara Drs, M.Si sebagai Dosen UNITOMO Surabaya dan Konten Kreator, menjelaskan internet bersifat tidak terbatas. Masyarakat dapat mengunggah menuliskan atau membagi hal apapun di media sosial dengan bebas. Banyak diantara kita yang tidak mengimbangi kemajuan teknologi ini dengan etika perilaku dan kebiasaan yang positif. Jejak digital yang tertinggal ini akan bisa diakses untuk menentukan karir dan masa depan. Cara menjaga jejak digital, antara lain batasi informasi yang dibagikan di dunia maya, ketahui dengan siapa membagikan segala aktivitas online, coba browsing nama diri sendiri, berpikir sebelum unggah, serta hapus konten yang terlalu berlebihan. Namun, perlu diketahui, bahwa menghapus konten tidak serta merta memusnahkan konten dari internet. Jejak digital yang tertinggal ini akan bisa diakses untuk menentukan karir dan masa depan.
Tips membuat konten yang menarik, antara lain kenali karakteristik audiens, interaksi dengan audiens, visual yang menarik, hindari konten prank, aktual dan faktual, ringan, menghibur dan instan, serta konten yang Use full. Kemudian temukan dan tentukan ide kreatif, dari sekeliling kita, keluarga, teman, hobi, dan idola. Gunakan peralatan yang memadai, dan tingkatkan kemampuan di bidang yang tengah di geluti. Dan yang paling penting adalah, alat atau peralatan adalah hanya sebuah benda, namun di tangan siapa alat tersebut berada. Manfaatkan apa yang ada untuk lebih mengembangkan potensi diri yang ada. Kemajuan teknologi dapat menjadi musibah maupun anugerah bagi siapapun, tergantung cara kita memanfaatkan media untuk hal yang positif atau negatif. Bijak dalam menggunakan media sosial dan tetap berperilaku postif kepada siapapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here