Foto, Kodim 0411/KM Bersama Jajaran Koramil Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 Secara Virtual
Foto, Kodim 0411/KM Bersama Jajaran Koramil Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 Secara Virtual

Kota Metro-(HPN)- Kodim 0411/KM beserta jajaran Koramil memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 secara virtual dengan prosedur menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di Makoramil masing-masing, Jumat (01/10/2021).

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kodim 0411/KM Virtual dipimpin oleh Plh. Pasi Pers Kapten Inf Sapji mewakili Komandan Kodim 0411/KM Letkol Inf Andri Hadiyanto,M.Han.

Selain itu juga, upacara diikuti oleh anggota staf Makodim dengan jumlah peserta yang terbatas untuk menghindari kerumunan dan mematuhi protokol kesehatan. Plh. Pasi Pers juga memberikan keterangan bahwa Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 ini juga diikuti oleh Koramil jajaran Kodim 0411/KM secara virtual di Makoramil masing masing.

Baca Juga :  HUT TNI ke-76 Tahun 2021, Kodim 0411/KM Menggelar Kegiatan Bakti Sosial Donor Darah

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 mengambil tema, “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila”. Dengan demikian, meskipun upacara dilaksanakan secara virtual, Kapten Inf Sapji berharap upacara dapat diikuti dengan penuh hikmat dan dapat mengikuti kegiatan hingga selesai, sehingga makna yang terkandung dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila benar benar difahami oleh seluruh anggota.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada tahun 2021 ini dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di lokasi Monumen Pancasila Sakti, kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur. Untuk diketahui, kegiatan ini merupakan momentum suatu peristiwa bersejarah yang dikenal dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional dan diperingati setelah peristiwa Gerakan 30 September atau yang lebih dikenal sebagai G 30 S//PKI. Dimana saat itu, PKI berusaha untuk mengubah Pancasila menjadi ideologi komunis.

Baca Juga :  Sejumlah Personel Kodim 0411/KM Siaga On Call Kunjungan Presiden RI di Lampung

Namun berkat jiwa nasionalis dan ideologi Pancasila yang kuat dan tertanam kokoh dalam jiwa-jiwa warga bangsa Indonesia, gerakan tersebut dapat digagalkan dan dihancurkan serta idiologi Pancasila tetap menjadi Ideologi negara yang syah.

Ditempat yang berbeda Dandim 0411/KM Letkol Inf Andri Hadiyanto,M.Han. mengatakan “Makna dari Hari Kesaktian Pancasila itu sendiri adalah dimana kita semua harus terus berusaha dan berupaya memperkokoh peran Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, “singkatnya. (DBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here