Foto, Deklarasi Damai Pilkades, Ciptakan Situasi Kondusif di Kecamatan Lubai Ulu
Foto, Deklarasi Damai Pilkades, Ciptakan Situasi Kondusif di Kecamatan Lubai Ulu

Muara Enim-(HPN)- Pemerintah Kecamatan Lubai Ulu mulai menyelenggarakan Deklarasi Damai sebagai wujud komitmen bersama untuk mensukseskan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 14 Oktober 2021.

Deklarasi Damai untuk kali pertama dilaksanakan di Kantor Desa Pagar Dewa,Senin (04/10/2021).

Deklarasi damai diikuti seluruh calon Kepala Desa dari 5 desa, se-Kecamatan Lubai Ulu meliputi Desa Sumber Mulia, Karang Sari, Karang Agung, Pagar Dewa dan Lubai Persada.
Selain para calon Kades, deklarasi juga diikuti Camat Lubai Ulu, Kapolsek AKP Apriansyah,SH.M.Si, Danramil 08 Rambang Lubai Lettu Sugianto , Panitia Pilkades dan Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) se Kecamatan Lubai Ulu.

Pelaksanaan Deklarasi Damai dipimpin langsung oleh Camat Lubai Ulu Wien Wierma putra S,STP.M.SI.

Isi dari Deklarasi di antaranya, pertama para calon Kades sepakat bersama sama akan menaati Undang-undang dan peraturan yang berlaku dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepada Desa Serentak Dalam Kabupaten Muara Enim tahun 2021.

Kedua, para calon Kades bersedia menghormati aspirasi politik masyarakat desa serta memelihara kamtibmas yang Kondusif

Ketiga, para calon Kades akan menyerahkan permasalahan yang timbul pada instansi yang berwenang untuk di selesaikan.

Keempat, para calon Kades akan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan

Kelima, para calon Kades sanggup dan bertanggung jawab untuk mengendalikan massa pendukung demi suksesnya pilkades serentak dalam Kabupaten Muara Enim tahun 2021.

Baca Juga :  Gubernur Sumsel Lantik Pj Bupati Muara Enim

Keenam, para calon Kades akan menerima hasil pilkades Serentak Dalam Kabupaten Muara Enim tahun 2021 yang di selenggarakan sesuai dengan Undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Usai pengucapan Deklarasi, dilanjutkan penandatanganan naskah Deklarasi oleh perwakilan calon Kades, diketahui Camat Lubai Ulu, Kapolsek, Danramil.

Camat Lubai Ulu Wien Wierma putra S,STP.M.SI dalam sambutannya mengingatkan bahwa ada 6 Point tadi salah satu nya siap menang dan kalah dan Pilkades mempunyai potensi gangguan keamanan yang tinggi karena sekup wilayahnya sempit.

Oleh karena itu diminta agar seluruh calon kades bisa berkomitmen menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah selama tahapan Pilkades serentak berlangsung.sekali lagi saya ingatkan jangan saling mencari kesalahan mengingat pilkades tinggal 10 hari lagi maka hadapilah dengan baik dan bijak.”Ucapnya.

Kapolsek Rambang Lubai yang hadir dalam deklarasi damai, menyampaikan bahwa pihaknya siap mengawal kesuksesan pesta demokrasi tingkat desa di Kecamatan Lubai Ulu.

Pilkades serentak 2021 di Kecamatan Lubai Ulu yang diikuti 5 desa di Lubai Ulu dan pihaknya, bersama seluruh jajaran TNI, baik Bhabinkamtibmas maupun Babinsa, SatPol PP siap mengawal kesuksesan pilkades serentak.

“Bahkan kita jalin koordinasi dengan Polsek wilayah tetangga untuk membantu pengamanan maksimal di desa perbatasan jika terdapat potensi gangguan keamanan,”Terang Kapolsek.

Baca Juga :  Penetapan Pengundian Nomor Urut Calon Kepala Desa Karang Agung

Harapan kami mari kita menjaga kondisi supaya Kecamatan Lubai Ulu ini tidak jadi sorotan dan menjadi perhatian masyarakat banyak dalam pilkades serentak Kabupaten Muara Enim, Ketika ada permasalahan harapan kami panitia pilkades tolong koordinasikan dengan kami.”Ungkapnya”

Ditempat yang sama Danramil 08 Rambang Lubai Lettu Sugianto menyampaikan beberapa hal yang pertama bahwa perlu kami garis bawahi pada point siap menerima kemenangan dan kekalahan,”Paparnya.

Kedua perlu di himbau kepada massa pendukung kita jangan sampai memancing permasalahan, jangan terlalu fanatik, ketiga kepada pendukung kepada semua pihak menjanjikan jabatan, keempat menjaga keamanan secara kondusif.

Saya juga berharap kepada panitia pilkades harus bersikap netral, apabila ada berita harus di sampaikan kepada semua para calon,semoga apa yang di citakan terlaksanakan dengan baik.”Ujarnya.

Salah satu calon kades, parlindungan lubis dari Desa Sumber Mulia Kecamatan Lubai Ulu mengungkapkan bahwa dengan adanya Deklarasi Damai ini pihaknya bersedia melaksanakan seluruh ketentuan tahapan Pilkades dengan sebaik-baiknya agar kondusifitas wilayah tetap terjaga, “Jelasnya.

“Pilkades adalah pesta demokrasi tingkat desa yang diselenggarakan enam tahun sekali. Kami siap untuk menyukseskannya. Sebagai calon Kades, saya akan menjalankan seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku agar Pilkades di Desa Sumber Mulia tetap aman dan kondusif,”Pungkasnya. (Hasanuddin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here