LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG TENGAH – PROVINSI LAMPUNG

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Jumat, 15 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Keynote Speaker oleh Gubernur Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
AMAN SAAT BELANJA ONLINE menjadi tema besar oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session di akhir webinar.
Kevin Suteja, S.I.Kom.,M.Sc E Commerce & Strategic Marketing Specialist menjelaskan tentang Market Place. Ada 2 jenis market place yaitu Market Place Murni yaitu tempat berjualan yang menyediakan fitur penjualan lapak, lengkap dengan fasilitas pembayaran dan lebih leluasa diberikan kepada penjual yang bekerjasama. Marketplace Konsinyasi merupakan jenis kerjasama seperti halnya titip barang, dimana penjual hanya perlu menyediakan produk dan detil informasi barang yang dijualnya. Tips belanja online yang aman antara lain cari tahu reputasi penjual, cek ulasan produk, harganya masuk akal atau tidak, cermati syarat dan ketentuan, hindari transfer langsung dan simpan bukti pembayaran. Tiara Utami seorang Penulis menambahkan dalam pemaparannya tentang peran dan fungsi E Market dalam menjual produk lokal. E Market akan memperluas jangkauan promosi dan pasar, menghemat waktu dan tenaga serta meminimalisir pengeluaran / dana. Cara membuat sosial media menjadi menarik dalam berbisnis, yaitu tentukan target pasar, buat feed semenarik mungkin, dan buat jadwal posting serta gunakan fitur bisnis karena akan menarik dibanding fitur privat.
Pembahasan lainnya tentang digital skill oleh Rezha Amran, Praktisi Komunikasi dan Kehumasan yang memaparkan yang berhubungan dengan Digital Skill diantaranya Big Data, Artificial Intellegence, cloud computing dan cybersecurity. Ada beberapa bentuk kecakapan digital yaitu kecakapan mengelola data, kecakapan pembelajaran berbasis digital, kecakapan kreasi konten positif, kecakapan berkolaburasi dan kecakapan financial berbasis digital. Ahmad Mutho’i, S.Pd.I Kepala Madrasah Mts Al Khairiyah Lampung membahas Literasi Digital bagi pendidik dan anak didik. Contoh penerapan sistim digital di lingkungan sekolah antara lain komunikasi guru dan siswa melalui media sosial, pembelajaran online melalui aplikasi dan web, mengirim tugas lewat email, whatapps, google classromm dan sebagainya, mencari bahan dan referensi melalui internet dan lain lain. Webinar diakhiri dengan pemaparan oleh Key Opinion Leader yang dibawakan Ana Livian seorang Mom Influencer. Ana memberikan pengalamannya dalam belanja online dimana kita harus mempunyai toko pelanggan yang dipercaya dalam mencari barang kebutuhan, dan apabila tertarik dengan sebuah produk kita harus melihat dahulu review dan komentar dari lapak, cek harga nya apakah masuk akal. Jangan lupa harus tetap hati hati dengan data pribadi kita saat belanja online karena rentan akan pencurian data kita dimana sudah terjadi beberapa kasus data yang bocor dari beberapa marketplace.

Dilaporkan oleh : safril